Pemdes dan Pokdarwis Sambut Kunjungan YBM PLN Pusat dan Wilayah NTT Di Danau Rana Kulan

Borong, SorotNTT.Com-Seusai melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan ekpedisi Ke-14 di Manggarai Timur, rombongan Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) mengunjungi salah satu objek wisata Danau yang berada di Desa Rana Kulan, Kec. Elar, Kab. Manggarai Timur, Kamis, 20 Januari 2022.

Deputy Direktur YBM PLN, Ahmad Mujahid beserta rombongannya sejumlah 7 orang, baik dari Jakarta maupun Kupang, disambut secara adat oleh tokoh adat setempat bersama Kepala Desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rana Kulan.

Selain penyambutan adat, rombongan YBM PLN juga disuguhkan dengan kuliner khas lokal Rana Kulan seperti Tete Kokor, Latung Kokor, Lenco Kolo dan Kopi khas Rana Kulan.

Ahmad Mujahid dan rombongan nampak takjub dengan keindahan wisata alam Danau Rana Kulan, meski belum tersedia sarana yang memadai, namun kombinasi hutan alami dan patahan bukit Satar Wangkung yang menjadi latar danau cukup memanjakan mata. Ditambah atraksi ikan mas putih dan ikan mas merah yang terlihat jelas di jernihnya air danau Rana Kulan.

BACA JUGA:  Gubernur VBL, MUI NTT Harus Beri Warna Baru Bagi Indonesia

Sambil menikmati suguhan kuliner khas lokal Rana Kulan, Ahmad Mujahid juga menanyakan beberapa hal tentang potensi wisata dan potensi lainnya serta aspek-aspek penunjang yang tersedia kepada Kepala Desa dan Pokdarwis Desa Rana Kulan.

Apakah danau ini terhubung langsung dgn 6 danau lainnya ? Apakah memungkinkan jika dibuka jalur penghubung langsung antar danau ? usaha ekonomi apa saja yang ada di desa wisata ini ? Apa saja yang akan dilakukan oleh Desa dalam rencana pengembangannya ? “Tanya Ahmad Mujahid”.

Kepala Desa Rana Kulan, Fransiskus Sanjay, menjelaskan tentang beberapa hal yang ditanyakan tersebut kepada YBM PLN.

“semua tentu memungkinkan dilakukan jika sinergi dan kolaborasi desa dengan Pemda, Pemerintah Pusat dan lembaga-lembaga lainnya dapat terjalin dengan kuat. Tahun anggaran 2022 dana desa kami mulai fokuskan pada upaya pengembangan desa wisata melalui penyediaan fasilitas utama seperti Toilet, Pagar dan Tenda permanen di Danau, meski dengan anggaran yang terbatas”. “Jelas Fransiskus Sanjay”.

BACA JUGA:  NTT Kirim 1000 Ton Jagung Hasil Program TJPS ke Surabaya

Nurkholis, selaku Ketua DPW Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) Prop. NTT yang mengajak dan bersama-sama dengan rombongan YBM PLN menyampaikan beberapa harapan kepada YBM PLN  kiranya dapat mengarahkan sebagian dukungan program pengembangan wisata dan pemberdayaan ekonomi kepada desa wisata ini, juga bagi desa wisata lainnya di Manggarai Timur.

“kami bersyukur dan bangga jejak langkah YBM PLN telah sampai di Rana Kulan. Ini akan jadi sejarah yang akan diingat, awal dari kebaikan dan kemajuan bagi desa wisata ini. Semoga PLN pusat terus hadir di Manggarai Timur dengan segala bentuk program sosial kemaslahatannya”.  Tutur Nurkholis.

Pada kesempatan yang sama Nurkholis juga menyampaikan terima kasih kepada PLN bahwa desa ini telah dibangun PLTS dimana masyarakat desa menghibahkan 1 hektar tanah desa untuk pembangunan PLTS. Sekarang telah termanfaatkan oleh warga dan ini akan jadi penunjang pembangunan dan kemajuan desa kedapan. “Tambahnya”.

Desa Rana Kulan adalah salah satu desa wisata yang baru ditetapkan oleh Pemerintah Daerah di Kab. Manggarai Timur. Rana Kulan memiliki sejumlah potensi wisata yang menjanjikan dan mamanjakan setiap pengunjung.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Dinilai kurang maksimal dalam melakukan fungsi kontrol

Terdapat sejumlah objek wisata 7 (Tujuh) danau, Jembatan Alam Air Terjun, Wisata Air Panas, Potensi Wisata Arum Jeram dan potensi Agro Wisata Porang.

Usai dari Rana Kulan, rombongan YBM PLN langsung menuju Labuan Bajo untuk melanjutkan Ekspedisi Jejak Manfaat ke Papua.