Bimtek e-SAKIP Pemkab Matim

Pemerintah Daerah Kabupaten Matim Gelar Bimtek e-SAKIP

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (e-SAKIP) di tingkat Kabupaten Manggarai Timur di ruang rapat Bupati pada Jumat (21/3/2019).

Bimtek e-SAKIP ini dipandu langsung oleh narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia. Tujuan diadakannya kegiatan Bimtek e-SAKIP itu sebagai penguatan SAKIP di tingkat Kabupaten Manggarai Timur.

Pada kesempatan tersebut Ibu Nadimah dan ibu Endang Purwaningsi sebagai narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia. Ibu Nadima memaparkan materi mengenai “Penerapan SAKIP untuk peningkatan efektivitas dan efisien penggunaan anggaran”. Sementara ibu Endang Purwaningsi memaparkan materi mengenai “Simulasi Penyusunan RPJMD Kabupaten Manggarai Timur”.

Bupati Manggarai Timur Andreas Agas, SH,M.Hum melalui Sekda Kabupaten Manggarai Timur Ir. Bony Hasudungan dalam sambutannya menjelaskan, terselenggaranya good governace dalam implementasi otonomi daerah merupakan prasyarat utama untuk mewujudkan aspirasi masyarakat dalam mencapai tujuan dan cita-cita kehidupan berbangsa dan bernegara.

Good governance hanya bisa terlaksana apabila ada komitmen moral sebagai landasan etika bagi semua pihak baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat. Dalam rangka itu maka diperlukan sistem pertanggungjawaban yang tepat jelas dan legitimate. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna, berhasil guna, bersih, dan bebas dari KKN,” tegas Bony

Selain itu, sambung Boni, bentuk pertanggungjawaban terkait dengan aspek penilaian akhir prestasi kerja para pejabat publik dan kegiatan organisasi lembaga pemerintahan berdasarkan hasil pengukuran terhadap kinerja organisasi, proses administrasi dan kinerja individu pejabat publik.

“Akuntabilitas harus dipahami sebagai bentuk kewajiban moral dalam mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan,” jelas Bony.

Bony menjelaskan, pelaksanaan pertanggungjawaban secara periodik dan kontinu, dibuat dalam bentuk Lampiran Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau yang lebih dikenal dengan LAKIP.

“Asas akuntabilitas tambah Bony, menuntut agar setiap kegiatan dan hasil akhir kegiatan penyelenggaraan negara harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat atau rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Sebagai bagian dari manajemen kinerja yang baik, tambah Bony lagi, perencanaan kinerja merupakan alat yang bermanfaat untuk mengecek apakah instansi atau unit organisasi dapat melaksanakan delegasi wewenang dan mengukur seberapa baik pencapaian target-target yang telah ditetapkan dengan cara dan metode yang lebih efisien.

“Betapa pun tingkat capaian kinerja yang diharapkan, mungkin saja masih bersifat subyektif dan kurang realistis, namun penetapan rencana kinerja ini tetap bermanfaat sebagai alat ukur kemampuan pencapaian target yang diharapkan oleh manajemen unit organisasi,” jelas Bony.

Oleh karena itu, lanjut Bony Hasudungan pemahaman terhadap perencanaan kinerja membantu menyadarkan pejabat dan para pegawai akan pentingnya peningkatan kinerja organisasi dan pemenuhan akuntabilitas kinerja.

“Bimtek yang akan kita laksanakan arahnya dalam rangka kesamaan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan,” cetus Bony lagi.

Pantauan SorotNTT.com di lokasi kegiatan, turut hadir dalam acara Bimtek e-SAKIP di ruang rapat bupati, adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Manggarai Timur Ir. Bony Hasudungan, Asisten III Drs. Fansi Jahang, Kadis PMD Drs. Yoseph Durahi, Kadis Pangan, Ir. Don Datur, dan Kadis Pertanahan Drs. Aurelius Fernandes, Kadis Kominfo Drs. Bonifasius Sai, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Tino Nanga, Kadis Pariwisata Drs. Kanisius Judin, Kadis Perijinan satu pintu Drs. Remegius Tombur.

Kegiatan bimtek e-SAKIP ini juga dihadiri oleh Kadis BLHD Drs. Thomas Ngalong, Kadis Kesbangpol Drs. Yohanes Subur, Kadis Pertanian Drs. Johanes Sentis, dan Kadis PUPR Yos Marto, dan seluruh kepala bagian dari semua OPD tingkat Kabupaten Manggarai Timur.

Untuk diketahui, kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 21-22 Maret 2019.

Laporan: Lalong Ferdinandus.