Pengawasan Korwil UPT Kecamatan Cisewu Terkait Penggunaan Dana Perawatan dan BOS Dipertanyakan

Garut, SorotNTT.Com– Beberapa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, tampak kumuh dan tidak terawat. Hal itu diduga lantaran pihak sekolah tidak menggunakan dana perawatan/ pemerliharaan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kerusakan gedung sekolah di Kecamatan Cisewu rata -rata meliputi cat dinding sudah mengelupas hingga kerusakan pada bagian atap, sehingga tampak kumuh dan lapuk.

Pihak sekolah semestinya menggunakan dana perawatan dari BOS yang bisa saja dilakukan setiap tahun sesuai dengan kebutuhan demi kenyamanan dan kerapihan sekolah. Namun faktanya dilapangan, disinyalir pihak sekolah kerap mengabaikan hal itu.

BACA JUGA:  Gubernur VBL Dukung PMKRI Tetap Kritis Dan Terlibat Nyata dalam Pembangunan NTT

Selain itu, pihak sekolah juga tidak mengindahkan regulasi yang dibuat pemerintah, yakni tentang transparansi publik sesuai Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Buktinya, ada beberapa sekolah yang tidak memasang papan informasi terkait rincian penggunaan dana BOS setiap tahun nya.

Ketika hal itu, hendak diklarifikasikan kepada Korwil UPT Pendidikan Kecamatan Cisewu via telpon, Agus Rajab tidak menjawab panggilan.

BACA JUGA:  Rumah Gendang Alang, Tempat Dilantiknya Ketua Tim PKK Kecamatan Poco Ranaka

Hingga berita ini diterbitkan, awak media masih mengembangkan informasi tersebut dan akan menghubungi pihak-pihak terkait lain nya.