Pengurus PGRI Tingkat Kecamatan Pacar Gelar Apel Peringatan HUT PGRI ke-76 dan HGN Tahun 2021

Daerah

Labuan Bajo, Sorotntt.com,- Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tingkat Kecamatan Pacar menggelar apel Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 pada 25/11/2021 sekitar pukul 09.00 Wita bertempat di lapangan upacara SMP Negeri 1 Pacar.

Diketahui tema peringatan HUT Ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional 2021 adalah “Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pacar Thomas A. D. Fharan , S.Sos selaku pembina upacara, Sekertaris Camat Theobaldus Landi Julita, S.Sos, Kepala UPTD Puskesmas Pacar, PJS Kepala Desa Pacar, Ketua PGRI Tingkat Kecamatan Pacar, Pengawas Pendas Kecamatan Pacar, para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA se-Kecamatan Pacar, 6 orang para purna bhakti, tokoh Agama, tokoh masyarakat, guru-guru anggota PGRI, serta siswa-siswi SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Pacar.

Diketahui dalam rangkaian acara peringatan HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional, selain menggelar upacara bendera PGRI tingkat kecamatan Pacar juga menggelar acara pelepasan 6 orang anggota PGRI yang sudah memasuki masa purna bhakti (pensiun).

Dalam upacara tersebut pengurus PGRI tingkat kecamatan Pacar secara resmi melepas anggota purna bhakti ke tengah masyarakat dan sebagai simbol bahwa tugas mereka sebagai ASN telah berakhir.

Camat Pacar, Thomas A.D. Fharan,S.Sos selaku pembina upacara dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat HUT PGRI yang ke-76 dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 kepada guru di seluruh tanah air khususnya kepada guru-guru yang mengabdi di di wilayah kecamatan Pacar.

Pada kesempatan tersebut juga Camat Thomas Farhan membacakan smbutan ketua umum pengurus besar PGRI.
Dan dalam alam sambutan tersebut Ia Menyampaikan bahwa hari ini 25 November 2021 kita kembali mengenang sejarah 76 Tahun lahir PGRI ketika para guru di seluruh tanah air yang tergabung dalam organisasi guru yang berbeda paham dan golongan dengan semangat dan niat mulia, bersepakat mendirikan sebuah wadah organisasi yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

BACA JUGA:  DPP MOI Tetap Berjalan, Sikap Oknum Dewan Pendiri Tidak Berdasar dan Melanggar AD/ART

Tepat 100 hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, pada 25/11/1945 PGRI hadir sebagai wadah perjuangan guru, pendidik dan tenaga pendidikan untuk memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berperang melawan kebodohan, keterbelakangan, serta kehitmatan untuk membangkitkan pendidikan Nasional.

Terimakasih kepada pemerintah Republik Indonesia yang telah menghargai perjuangan para guru, pendidik, pendidik non formal dan tenaga kependidikan dengan menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional melalui penetapan keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Ia menuturkan bahwa Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah begitu ungkapan Bung Karno, setelah 76 Tahun Indonesia merdeka, jati diri PGRI sebagai organisasi profesi, organisasi perjuangan, dan organisasi ketenagakerjaan yang bersifat independen,

Lebih lanjut Camat Pacar menandaskan bahwa sebagaimana besar perjuangan para guru, pendidik dan tenaga kependidikan, PGRI terus bergerak, mengabdi dan memperbarui agar senantiasa adaptif dan responsif terhadap perubahan zaman yang terus berkembang.

“Tahun 2021 ini kita sudah memasuki tahun kedua dalam suasana pandemi covid 19. Kenangan covid 19 di tanah air sangat menggembirakan sehingga memungkinkan sekolah di berbagai penjuru tanah air kembali menjalankan pembelajaran tatap muka secara terbatas dimana pembelajaran kembali dapat dilakukan secara luring maupun pembelajaran secara daring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan”, Tandasnya

Pada kesempatan itu Thomas menuturkan bahwa pemerintah tidak menginginkan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah pihaknya berharap agar tetap menjaga keselamatan para guru/ pendidik maupun para siswa.

“Kita tidak menginginkan sekolah menjadi klaster baru dalam penyebaran covid- 19. Oleh karena itu keselamatan dan kesehatan anak didik dan tenaga kependidikan menjadi prioritas utama”, Tutur Thomas

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Polres Alor di bekali ilmu Journalis

Yoseph Maji, S.Pd selaku ketua PGRI tingkat Kecamatan Pacar dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiats apel memperingati HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional yang diselenggarakan hari ini adalah menindaklanjuti surat edaran dari pengurus PGRI Tingkat Kabupaten Manggarai Barat bahwa pelaksanaan apel HUT PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional akan diselenggarakan di masing-masing Kecamatan dan juga sesuai ADRT dari pengurus PGRI Tingkat Kecamatan Pacar serta atas hasil rapat bersama.

Yosep menandaskan bahwa hari ini kami selaku pengurus PGRI merasa berbangga dan berbahagia dimana yang hadir begitu banyak.

Untuk diketahui kaya Yoseph bahwa oeganisasi PGRI Kecamatan Pacar dibentuk pada tahun 2019 dan sudah dua kali melaksanakan apel peringatan HUT PGRI.

Pada kesempatan itu juga Ia menyampaikan ucapaan terimakasihnya dan permohonan maaf kepada 6 orang Purna Bhakti (Pensiun) atas pengabdian di lembaga pendidikan,

“Atas nama seluruh Anggota PGRI Kecamatan Pacar kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dedikasinya terhadap putra-putri bangsa yang dititipkan kepada bapak ibu selama mengabdi, serta kami mohon maaf ketika ada hal-hal yang kurang berkenan”, tutur Yosep

Felisianus Jemarus, S.Pd mewakili guru-guru anggota PGRI tingkat Kecamatan Pacar dalam sambutanya mengatakan bahwa kita sebagai guru sangat bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah Republik Indonesia yang telah menghargai perjuangan para guru, pendidik, tenaga kependidikan dengan menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru.

Pada kesempatan itu juga Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada guru-guru senior yang ada di Kecamatan Pacar yang telah memiliki gagasan untuk membentuk wadah PGRI ini di tingkat kecamatan Pacar, karena menurutnya wadah ini jikalau belum di bentuk otomatis tidak bisa melaksanakan kegiatan yang semeriah hari ini.

“Terimakasih juga kepada pengurus PGRI mulai dari Ketua sampai pada seksinya yang telah menerima jabatan mulia ini, tentu kami guru-guru sangat mendukung penuh apa yang menjadi program Ketua PGRI kedepanya. dan sebagai guru juga kami sangat bangga, tentu kami hadir hari ini di tempat ini untuk mengenang kembali semangat dan nilai mulia dari para guru, dimana guru telah mengambil bagian dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia ini yaitu dengan memerangi kebodohan dan keterbelakangan serta memajukan pendidikan nasional”, Jelas Feisianus

BACA JUGA:  Pemda Matim Gelar Bimtek SOP AP dan Penyusunan IKM

Lebih lanjut Ia menandaskan bahwa wadah PGRI ini, semua para Guru dengan jati diri sebagai organisasi yang independen mengajak kita harus semangat dan mengabdikan diri, memperbaharui diri agar senantiasa adaptif dan responsif terhadap perubahan zaman yang ada saat ini. Ujar Felisianus

Sementara itu mewakil teman guru Felisianus berharap kepada pengurus PGRI baik tingkat Kabupaten maupun tingkat Kecamatan kiranya supaya para guru yang ada di Kecamatan Pacar ini memiliki rasa terhadap organisasi ini, sehingga kedepanya diminta mungkin bisa dibuatkan kartu PGRI untuk para guru dimana kartu ini sangat penting untuk angka kredit bagi para guru terutama yang PNS. Imbuhnya.

Ia juga berharap agar kedepannya setiap peringatan HUT PGRI agar dibuatkan lebih meriah lagi dengan mengadakan berbagai kegiatan perlombaan. Tutup Felisianus

Laporan : Pedi