Percepatan Vaksinasi Serentak Digelar Polres Manggarai Untuk Tingkat Pelajar

Ruteng,SorotNTT.Com- Program Kegiatan percepatan vaksinasi tahap I dan Tahap II untuk tingkat pelajar di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (16/12/2021) dilaksanakan secara serentak di beberapa tempat.

Diketahui Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Polres Manggarai yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dengan sasaran vaksin yaitu tingkat pelajar yang berusia 12 tahun sampai dengan 17 tahun.

Adapun beberapa tempat yang melaksanakan kegiatan vaksinasi tersebut diantaranya :

  1. Gelanggang Olah Raga (GOR) Kabupaten Manggarai.

Dengan mekanisme pelaksanaan vaksinasi Tahap I yaitu hanya menggunakan 1 loket dengan target serta jumlah penerima vaksin sebanyak 508 orang.
Diketahui jumlah ketersedian Vaksin : 87 Vial yang terdiri dari 84 Vial vaksin pfiser dan 3 Vial vaksin Sinovac. Dari total ketersediaan vaksin tersebut semuanya tidak tersisa dan tenaga kesehatan yang membantu dalam kegiatan vaksinasi tersebut sejumlah 24 orang.

  1. Polsek Satar Mese

Pelaksanaan vaksinasi masal tersebut berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan dilakukan pengamanan oleh Personil Polsek Satar Mese yang dipimpin oleh Kapolsek Satar Mese IPDA Edi Purnomo Wijayanto, SH.

Dengan mekanisme pelaksanaan Vaksinasi masal di seputaran Wilayah hukum Polsek Satar Mese di laksanakan di 5 Loket yakni :

Loket 1 di SMAN 1 Satarmese di Narang, Desa Cambir Leca, Kec. Satar Mese Barat, Kab. Manggarai dengan sasaran penerima vaksin siswa/i kelas 1 dan 2 yang  berusia di bawah 17 tahun ( Dosis 1). Jenis Vaksin yang diberikan yaitu jenis vaksin Pfizer sebanyak 48 Vial (480 dosis) dan jumlah penerima 476 dosis, sisa 4 dosis, sedangkan
Jumlah Vaksinator: 10 orang tenaga kesehatan.

BACA JUGA:  Curi HP, Dua Remaja Asal Rahong Utara Diamankan Polisi

Loket 2 di SMPN 12 Satar Mese, Desa Paka, Kec. Satar Mese, Kab.Manggarai dengan sasaran penerima vaksin siswa/i kelas 1 dan 2 yang  berusia di bawah 17 tahun ( Dosis 1). Jenis Vaksin yang diberikan yaitu jenis vaksin Pfizer sebanyak 40 Vial (400 dosis) dan jumlah penerima 400 dosis sedangkan Jumlah vaksinator 16 orang tenaga kesehatan.

Loket 3 di SMPN 5 Satar Mese, Desa Pongkor, Kec. Satar Mese, Kab.Manggarai dengan sasaran penerima vaksin Siswa/i  SMPN 5 Satar Mese dan Siswa/i  SMAN 3 Satar mese kelas 1 dan 2 yang  berusia di bawah 17 tahun ( Dosis 1). Jenis Vaksin yang diberikan yaitu jenis vaksin Pfizer sebanyak (224 dosis) dan jumlah penerima 224 dosis sedangkan Jumlah vaksinator 12 orang tenaga kesehatan.

Loket 4 di Rumah Bapak Martinus Simuk, Kampung Keba, Desa Popo, Kecamatan Satar Mese Utara, Kab. Manggarai dengan sasaran penerima vaksin masyarakat yang berusia di atas 18 tahun dan Ibu hamil, Jenis Vaksin yaitu Astra Zaneca dan Sinovac.
adapun jumlah vaksin yang di siapkan yaitu :

  • Astra  Zaneca : 4 vial (40 Dosis)
  • Sinovac : 4 Vial (40 dosis)
    Jumlah penerima: 48 dosis
    Sedangkan jumlah Vaksinator sebanyak 5 orang.
BACA JUGA:  Hebat, Pria Tamatan SD di Mabar Ciptakan Robot Komodo Dari Barang Bekas

Loket 5 di Gereja Lukup, Desa 
Renda, Kecamaran Satar Mese Utara, Kabupaten Manggarai, dengan sasaran penerima yaitu masyarakat yang berusia di atas 18 tahun. Jenis vaksin yaitu Astra Zaneca dan  Sinovac dengan jumlah yg di siapkan yaitu :

  • Astra Zaneca : 5 vial (50 Dosis)
  • Sinovac : 5 Vial (50 dosis)
    Sedangkan Jumlah penerima: 60 dosis dengan jumlah Vaksinator sebanyak 12 orang

Sehingga dari total vaksin yang di gunakan pada hari ini  untuk 5 loket tersebut yaitu Astra Zaneca : 90 sasaran, Sinovac: 18 sasaran, dan Pfizer : 1100 sasaran.

  1. Polsek Reo

Pelaksanaan vaksinasi masal di wilayah hukum Polsek Reo juga berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan dilakukan pengamanan oleh Personil Polsek Rei yang dipimpin oleh Kapolsek Reo IPDA Muhammad Andi Fayet Sanusi, S.Tr.K .

Pelaksanaan vaksinasi tersebut berlangsung di Aula SMAK Santu Gregorius Reo, Lingkungan Barangkolong, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.

Kegiatan Vaksin tersebut untuk vaksinasi tahap II untuk Para Pelajar dan jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovak.

Tenaga Vaksinator adalah petugas medis yang dari Puskesmas Reo dan sudah mengikuti pelatihan.
Jumlah loket pelayanan vaksin sebanyak 3 loket dengan jumlah petugas medis 24 orang.

BACA JUGA:  Balon Bupati TTU kunjung Nagekeo

Ketersedian Vaksin : 32 Vial ( 320 Dosis ) dengan jumlah penerima vaksin : 320 orang. Sehingga secara keseluruhan Para Siswa/i SMAK Gregorius Reo yang telah menerima vaksin tahap II sebanyak 640 orang.

Sementara itu berdasarak informasi yang diterima media Sorotntt.com bahwa Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo, SH.S.I.K didampingi Kabag Sumda Polres Manggarai AKP Hypolitus Atman sedang mengikuti zoom meeting yang dilaksanakan secara virtual bersama Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bersama seluruh Polda jajaran dalam rangka memantau langsung giat percepatan vaksinasi serentak seluruh Indonesia untuk mencapai target 70% Pada akhir tahun 2021. 

Pedi