Peresmian Program Pamsimas, Warga Dusun Munde-Matim Siap Nikmati Air Bersih

Daerah

Borong, SorotNTT.com- Pelaksanaan Program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III, tahun anggaran 2020 di Dusun Munde, Desa Komba, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur (Matim)gelar uji fungsi dan serah terima program Pamsimas, Jumat, 20/11/2020

Uji fungsi dan serah terima pengelolaan program Pamsimas ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Matim, Yosep Marto. Dilanjutkan pembukaan kran air bersih yang disaksikan oleh Sekcam Kota Komba, Kepala Desa Komba, Kepala Dusun Munde, Anggota KKM dan tokoh masyarakat setempat.

Di sela acara peresmian tersebut Kepala Dinas PUPR Matim menegaskan bahwa, air bersih sangat penting dan menjadi kebutuhan pokok kehidupan manusia. Karena itu, air bersih merupakan sumber kehidupan.

” Air adalah sumber kehidupan oleh karena itu masyarakat wajib berpartisipasi dalam pengelolan dan pemeliharaannya, sehingga bisa dimanfaat oleh orang banyak dan harus terus dijaga,” ungkap Kadis PUPR Matim.

Meanggapi peresmian program Pamsimas itu, Kepala Desa Komba Eduardus Djekulas menyampaikan terima kasih kepada Pemda Matim dan fasilitator Pamsimas yang telah memperhatikan masyarakat.

“Atas nama masyarakat Komba saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman fasilitator Pamsimas. Semoga masyarakat bisa menjaga fasilitas ini dan dimanfaatkan dengan baik,” ungkap Kades.

Kades juga mengapresiasi kepada fasilitator yang telah berkontribusi dan bekerja keras mendampingi Kelompok Keswadayaan Masyaraakt (KKM), sehingga pekerjaan program Pamsimas selesai dengan baik.

“Atas nama pemerintah desa dan pribadi saya apresiasi kepada fasilitator yang telah mendampingi KKM, sehingga pekerjaan ini bisa selesai,” lanjut Kades.

Ia berharap agar masyarakat dapat memelihara dan menjaga semua fasilitas yang sudah dibangun dengan biaya yang begitu besar. Sebab semua sarana dan prasarana dimaksudkan untuk kesejahteraan masyarakat.

‚ÄúPesan saya selaku Kepala Desa, mari kita jaga fasilitas yang sudah ada. Karena semua fasilitas ini anggaranya bersumber dari APBN, APBD dan Dana Desa. Tujuanya adalah untuk mensejahterahkan masyarakat,” pesan Kades.

Elmo Barsito, fasilitator masyarakat pada kesempatan tersebut menyampaikan arahan tentang pentingnya sarana air minum dan sarana sanitasi. Sarana-sarana itu dibangun agar dikelola dengan baik dan berkelanjutan.

” Harus dikelola dengan baik,sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Dukungan pemerintah desa dan masyarakat juga tetap dibutuhkan agar bisa berkembang dan dapat melayani seluruh masyarakat Desa Komba,” tutur Elmo.

Laporan : Dodi Hendra
Editor: Pepy Dain