Perindah Labuan Bajo, Kota Super Premium, Dandim 1612 Tanam Flamboyan di Paroki Roh Kudus

Daerah

SorotNTT.com- Guna memperindah Labuan Bajo, kota super premium, Dandim 1612 melakukan penanaman pohon flamboyan merah (Delonix Regia)di Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Selasa, ( 21/12/2020).

Penaman pohon flamboyan tersebut dipimpin oleh Dandim 1612 Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa yang didampingi Danramil1612-02/KMD Kapten Inf.I Nyoman Sukada, Babinsa Serka M. Doron, para TNI, dan Pastor Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Rm. Alosius Gambur, Pr.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1612 Manggarai Letkol Kav.Ivan Alfa menyampaikan bahwa penanaman pohon flamboyan tersebut merupakan program Presiden Jokowi yang dieksekusi Dandim 1612 Manggarai guna memperindah kota Labuan Bajo.

“Penanaman pohon flamboyan ini merupakan program Presiden Jokowi yang dilaksanalan oleh Dandim 1612 Manggarai. Tujuannya memperindah kota Labuan Bajo,” ungkap Dandim 1612 Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa.

Sebelumnya, jelas Letkol Kav. Ivan Alfa, Dandim 1612 Manggarai telah menanam pohon flamboyan di Nggorang-Labuan Bajo. Rencananya, pohon flamboyan ini akan ditanam di beberapa tempat strategis seperti Puncak Waringin, Bandara Komodo, Taman Kota Labuan, tempat-tempat ibadah, sepanjang pinggir jalan di Labuan Bajo.

Lebih lanjut, Letkol Kav. Ivan Alfa menjelaskan, penanaman pohon flamboyan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap pariwisata super prioritas Labuan Bajo. Salah satu ikon penggaet para wisatawan di kemudian hari ialah flamboyan. Karena itu, perindah dan percantik Labuan Bajo sebagai kota flamboyan.

“Dandim 1612 sudah menyiapkan 5000 pembibitan flamboyan untuk ditanam di kota Labuan Bajo. 5000 bibit tersebut akan ditanam di tempat yang sudah disurvei dan layak untuk penanaman flamboyan. Saya berharap pohon flamboyan yang ditanam ini dapat dirawat dengan baik. Sebab pohon ini sangat indah,” tutupnya Letkol Kav. Ivan Alfa.

Salah satu tempat strategis yang telah disurvei pihak TNI untuk penanaman flamboyan yaitu Paroki Roh Kudus Labuan Bajo. Karena itu para TNI hadir menggali lubang untuk ditanami pohon flamboyan.

Tampak dalam pantauan media ini, Danramil 1612-02/KMD Kapten Inf.I Nyoman Sukada bersama Babinsa Serka M. Doron memimpin penggalian lubang penanaman flamboyan ini.

Danramil 1612-02/KMD Kapten Inf. I Nyoman Sukada di sela-sela kegiatan menyampaikan bahwa, flamboyan merah tentu membawa warna lain bagi kota Labuan Bajo.

“Sudah disiapkan bibit flamboyan. Kalau sudah ditanam, dirawat dengan baik, Labuan Bajo semakin indah, apalagi kalau dilihat dari atas pesawat. Tentu menyenangkan bagi wisatawan pun masayarakat,” imbuh Danramil 1612-02/KMD Kapten Inf. I Nyoman Sukada.

Sementara itu, Babinsa Serka M. Doron menceritakan, di beberapa instansi sudah disiapkan tempat untuk penanaman flamboyan. Namun, menurut dia, tempat penanaman flamboyan tersebut disurvei pihak TNI.

” Kalau di beberapa instansi, mereka sudah gali lubang untuk tanam flamboyan. Terpatnya disurvei dulu,” ungkap Serka M. Doron.

Menanggapai hal tersebut, Pastor Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Rm. Alosius Gambur, Pr mengapresiasi program dari Presiden Jokowi, terutama Dandim 1612 Labuan Bajo yang telah memilih Paroki Roh Kudus sebagai tempat penanaman flamboyan.

“Saya bersama umat Paroki Roh Kudus Labuan Bajo mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dandim 1612 yang telah memilih Paroki Roh Kudus untuk penanaman pohon flamboyan. Tentu kami akan merawat pohon flamboyan ini dengan baik,” ungkap Rm. Alo Gambur.

Untuk diketahui, pohon flamboyan terhitung masih sangat langka di Labuan Bajo. Mengingat bunga flamboyan adalah tumbuhan yang mudah beradaptasi dan mampu hidup di empat musim, maka Labuan Bajo bisa ditumbuhi flamboyan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1612 Manggarai Letkol Kav. Ivan Alfa didampingi Danramil1612-02/KMD Kapten Inf.I Nyoman Sukada, Babinsa Serka M. Doron, para TNI, dan Pastor Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Rm. Alosius Gambur, Pr., Mahasiswa UNIKA St. Paulus Ruteng, dan Pengurus Dewan Pastor Paroki Labuan.

Laporan dan Editor: Pepy Dain