IMAPI Kupang Gelar Refleksi Bersama

Peringati Harkitnas, IMAPI Kupang Gelar Refleksi Bersama

DaerahTimor

KUPANG, SorotNTT.com – Ikatan Mahasiswa Pelajar Insana (IMAPI) Kupang menggelar refleksi 111 tahun Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dengan tema “Revitalisasi Gerakan Mahasiswa di Era Milenial, Senin (20/05/2019).

Hadir dalam kegiatan ini selaku senior sekaligus sebagai pemantik diskusi, yaitu Marianus K. Haukilo, yang menguraikan sejarah pergerakan mahasiswa dan tantangannya serta strategi mengatasi stagnasi gerakan mahasiswa hari ini.

“Apakah kita sudah bangkit? Atau kita masih tidur pulas dengan status mahasiswa dan agent of changes namun tidak ada tindakan nyata?” ungkap aktivis GMNI Kupang tersebut.

Ketua Umum IMAPI Kupang melalui Wakil Ketua, Valentinus Sanan mengatakan refleksi bersama ini dilakukan dalam rangka memperingati 111tahun Harkitnas, juga sebagai momentum untuk kembali merevitalisasi  kembali semangat pemuda dalam hal ini mahasiswa yang semakin pudar tergilas zaman.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin organisasi, melalui Bidang Penalaran dan Keilmuan. Dan dilakukan dalam rangka memperingati 111 tahun Harkitnas. Juga berangkat dari kondisi bangsa hari ini, dimana semangat mahasiswa perlahan memudar akibat perkembangan teknologi, mahasiswa menjadi budak dari ciptaannya sendiri, sehingga perlu dilakukan refleksi dengan tujuan membangkitkan kembali semangat pemuda dalam hal ini mahasiswa dalam menyikapi setiap persoalan bangsa hari ini,” ucap pria yang kerap disapa Lenty itu.

Sementara itu anggota IMAPI Kupang, Nofer Amtonis mengapresiasi kegiatan ini dan berharap terus dilakukan demi menjaga semangat nasionalisme tetap terpelihara dalam jiwa setiap mahasiswa.

“Kegiatan seperti ini sangat perlu dilakukan, karena semakin hari saya melihat banyak mahasiswa menjadi acuh tak acuh terhadap setiap persoalan bangsa. Sehingga semoga dengan refleksi ini, akan membangkitkan kembali semangat berorganisasi dari para anggota. Besar harapan saya agar kegiatan ini terus dilakukan karena kalau bukan kita siapa lagi, dan kalau bukan sekarang kapan lagi”, tutur mahasiswa FISIP Undana itu.

Kegiatan refleksi ini dihadiri oleh sekitar puluhan anggota IMAPI Kupang dan juga simpatisan dari luar yang berkontribusi aktif dalam diskusi ini.

Sumber: Puskominfo IMAPI Kupang