Petugas Kesehatan dari Puskesmas Kota Ruteng Lakukan PTM di Kelurahan Mbaumuku

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com-Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) tidak memberikan gejala bagi penderitanya. PTM sangat sulit disembuhkan secara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir, beban biaya berobat pun sangat tinggi. Oleh karena itu upaya yang terbaik adalah dengan mencegah kejadian penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan/ screening/ deteksi dini.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, melalui petugas Puskesmas Kota,mengadakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) di Kelurahan Mbaumuku, RT/RW 015/006 Kompleks Laing dan Bangka, jl.Banteng Mbaumuku Ruteng,senin(14/09/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan bergiliran setiap RT/RW, yang berada di Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Sasaran kegiatan ini adalah seluruh masyarakat yang ada tanpa ada pengecualianya.

Kegiatan ini berupa pelayanan pemeriksaan secara gratis yaitu pemeriksaan tekanan darah, BMI, body fat, lemak visceral, kolesterol total darah, serta gula darah. Kegiatan ini juga menyediakan konsultasi untuk menentukan tindakan pencegahan mengatasi faktor risiko PTM yang ditemukan berdasarkan hasil pemeriksaan, terutama konsultasi gizi dan gaya hidup.

Berdasarkan hasil screening/ deteksi dini didapatkan pemetaan faktor risiko. Pemetaan ini guna memantau faktor risiko PTM seperti merokok, kurang makan sayur dan buah, kurang aktivitas fisik, konsumsi minuman beralkohol, stress, yang penting di waspadai agar tidak terserang PTM.

Hasil deteksi dini ini dapat dijadikan sebagai peringatan bagi warga dikelurahan Mbaumuku agar lebih menjaga gaya hidupnya, terutama pola makan dan kebiasaan berolahraga.