Polemik dana PIP SDK Bajar terjawab

Polemik Dana PIP SDK Bajar Akhirnya Terjawab

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Polemik antara orang tua/wali dari siswa dengan Kepsek SDK Bajar, Desa Bangka Kuleng, Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur, yang berujung dilaporkannya Kepsek SDK Bajar ke Dinas PPO dan Inspektorat terjawab. Kedua belas perwakilan orang tua dari siswa beberapa hari yang lalu mendatangi dinas Inspektorat untuk menuntut Kepsek SDK Bajar, Ester Ahut.

Dalam pertemuan ini pihak orang tua wali meminta Dinas Inspektorat untuk secepatnya mengaudit SDK Bajar, dan meminta agar Kepsek SDK Bajar harus dipindahkan. Mereka juga meminta kepada pihak sekolah agar transparan dalam pembagian dana PIP, diharapkan juga menempelkan hasil print out penerima pada papan pengumuman Sekolah.

Taddeus Enggus selaku Sekretaris Inspektorat sekaligus sebagai pemandu pertemuan Kepsek SDK Bajar dengan orang tua/wali menjelaskan, “Kami dari Dinas Inspektorat tidak punya wewenang untuk memindahkan Kepsek SDK Bajar. Inspektorat hanya memfasilitasi pertemuan antara orang tua murid dengan Kepsek SDK Bajar, atas permintaan orang tua/wali. Untuk permintaan audit, Inspektorat punya kewajiban untuk melakukan itu.”

Data wajib penerima dana PIP tahap 1, 2, 3, dan 5 sejumlah 129 anak yang harus dibagi oleh pihak sekolah, yaitu tahap 1 sebanyak 26 orang, Tahap 2 sebanyak 55 orang, tahap 3 sebanyak 47 orang, tahap 5 sebanyak 1 orang. Dana ini dicairkan untuk tahun 2018. Total dana PIP yang dibagikan kepada orang tua/wali Sabtu, 23/02/2019 sejumlah Rp 51. 975.000.

Sedangkan tahap 7, 8, dan 10 belum dicairkan. Tahap 7 sebanyak 8 orang, tahap 8 sebanyak 5 orang dan tahap 10 sebanyak 2 orang. Dengan alasan belum mendapat panggilan dari pihak bank.

Kepala Sekolah SDK Bajar menuturkan, “Pembagian PIP hari ini berdasarkan pemberitahuan dari pihak sekolah untuk orang tua/wali, yang disampaikan melalui anak didik tanggal 13/02/2019. Informasi tersebut sudah diketahui Kepala Desa. Anehnya pihak orang tua/wali melaporkan saya tanggal 21/02/2019 ke Dinas P&K dan Inspektorat tidak punya dasar.”

Untuk keamanan dan kelancaran pada saat pembagian PIP ini turut hadir pihak kepolisian dari Kapospol Mano, Brigpol Vinsensius Sahu, Bhabinkantibmas Desa Bangka Kuleng. Proses pembagian dana PIP diberikan sesuai prosedur kelayakan siswa, yang dijelaskan oleh Kepsek SDK Bajar dan Ketua Komite SDK Bajar. Ester Ahut mengutarakan kekecewaan karena tidak hadirnya Kepala Desa menyaksikan proses Pembagian dana PIP. (Wens)