Pelaku curas di Jakarta Pusat bersama barang bukti hasil kejahatan

Polsek Johar Baru Mengamankan Pelaku Curas

Nasional

JAKARTA, SorotNTT.com – Jajaran Kepolisian Polsek Johar Baru Polres Metro Jakarta Pusat berhasil meringkus tiga kawanan pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang terjadi di Jln. Letjen Suprapto, Kel. Tanah Tinggi, Kec. Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2019).

Ketiga tersangka pengangguran itu masing-masing Nico, warga Gg. Moh. Ali IV Dalam RT. 008/04 Kel. Tanah Tinggi, Kec. Johar Baru, Jakarta Pusat, Moh. Harun Poleni, warga Jalan Blimbing Sawah Depok Lama, Depok, Ari Rafael, warga Pintu Air IV Pasar Baru, Kel. Sawah Besar, Kec. Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Dari tangan pelaku polisi berhasil menyita 1 unit handphone merk OPPO A39 warna putih, 1 unit handphone Samsung Galaxy V Plus dan uang Rp 350.000 milik korban.

Kapolsek Johar Baru, Kompol Endy Mahandika, SH mengatakan, kejadian bermula ketika keempat korban masing-masing Firmansyah, Safari, Abdul, dan Roky warga Serang, Banten yang saat itu menaiki angkot M-12 jurusan Senen – Kota dari Kota Tua, Jakarta Barat.

Saat para korban naik angkot yang sedang ngetem, mereka dipepet oleh 2 tersangka. Setelah angkot jalan kurang lebih 500 meter, tersangka yang satunya lagi ikut naik ke dalam angkot. Pada saat para korban mau turun di daerah Poncol tetapi dilarang oleh tersangka Nico.

Para pelaku curas beserta barang bukti hasil kejahatan yang diamankan aparat kepolisian Polsek Johar Baru, Jakarta Pusat
Para pelaku curas beserta barang bukti hasil kejahatan yang diamankan aparat kepolisian Polsek Johar Baru, Jakarta Pusat

“Setelah sampai di depan dealer Yamaha Jln. Letjen Suprapto Kel. Tanah Tinggi Kec. Johar Baru Jakarta Pusat, para tersangka memaksa korban turun dengan menarik kerah jaket korban, selanjutnya tersangka Nico mengambil HP korban Firmansyah yang ada di kantong celana sebelah kiri,” kata Endy di Mapolsek Johar Baru, Senin (18/3/2019).

Setelah itu, lanjut Kapolsek, tersangka Nico mengambil HP korban Firman dan memukul pipi sebelah kanan korban sebanyak 2 kali.

“Sedangkan tersangka Mohamad Harun Poleni mengambil HP korban Safari di kantong celana sebelah kanan dan para tersangka juga mengambil uang para korban yang berjumlah Rp 2.500.000,” paparnya.

Kapolsek menuturkan, usai melakukan tindak kejahatan dengan kekerasan, para pelaku pergi meninggalkan para korban. Saat mereka hendak kabur itu lah para pelaku diteriaki maling oleh para korban.

“Saat kami sedang melaksanakan patroli gabungan bersama tiga pilar,  pelaku berhasil kami ringkus dan kami amankan sementara di Pos RW. 11 Kel. Tanah Tinggi, setelah itu langsung kami bawa ke Polsek Johar Baru untuk penyidikan lebih lanjut,” ucap Kapolsek.

Sementara itu, Kanit Reskrim Iptu M. Rasid mengatakan, atas perbuatannya para pelaku terancam Pasal 365 KUHP .

“Kami kenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara,” kata pria berperawakan tinggi itu kepada wartawan. (Ez/TIM)