Presiden Jokowi memberi kata sambutan pada Perayaan Natal Nasional Tahun 2021, Jakarta – 27 Desember 2021

“Salam sejahtera bagi kita semua,
Shalom.

Yang saya hormati Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Bapak Pendeta Gomar Gultom;
Yang saya hormati Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Bapak Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo;
Yang saya hormati Ketua Umum Panitia Perayaan Natal Nasional Tahun 2021;
Yang saya hormati para Uskup, para Rama Pastor, Bapak-Ibu Pendeta, pimpinan Sinode, dan tokoh-tokoh gereja, serta umat Kristiani di seluruh penjuru tanah air yang saya hormati;
Para undangan dan hadirin yang berbahagia.

Tahun ini merupakan tahun kedua Natal dirayakan dalam suasana kesederhanaan, tanpa kerumunan, tanpa keramaian namun tetap khidmat, penuh kegembiraan. Terima kasih kepada seluruh umat Kristiani yang merayakan Natal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga situasi yang sudah mulai membaik agar tetap kondusif, agar risiko penyebaran COVID-19 bisa kita kendalikan dan kita bisa segera keluar dari pandemi.

BACA JUGA:  Golkar dan HMI Connection Berperan Besar Menjerat Gus Dur

Bapak-Ibu yang saya hormati,
Hampir dua tahun ini kita menghadapi ujian yang berat, ujian ketangguhan sebagai umat beriman. Selain ujian dalam menghadapi pandemi COVID-19, juga keprihatinan, kedukaan, cobaan yang dihadapi saudara-saudara kita akibat bencana alam di beberapa daerah. Namun, saya berharap berbagai ujian itu justru memperkuat tali persaudaraan kita dan menjadikan kita semakin kuat dan tangguh.

Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat di manapun berada untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan, menggaungkan solidaritas dan gotong-royong, bekerja untuk aksi kemanusiaan di seluruh wilayah Indonesia. Kita harus terus menggugah kesadaran kita untuk membangkitkan jiwa kemanusiaan, menggerakkan naluri persaudaraan untuk bertindak dan membantu sesama.

BACA JUGA:  Dukung Konsep Smart Village, Prodi Peternakan Unika Santu Paulus Ruteng Gelar Seminar Teknologi Biogas

Umat Kristiani yang saya hormati,
Sebentar lagi kita akan menapaki tahun baru, tahun 2022 yang harus kita sambut dengan semangat baru, dengan jiwa-jiwa yang mulia, dan hati yang dipenuhi rasa cinta kasih. Hari esok harus lebih baik dari hari ini. Dengan membangun optimisme, memperkuat ikhtiar lahir maupun batin, bekerja keras dan berdoa untuk semakin tumbuh dan mekar, dan berkontribusi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat, bagi bangsa, dan bagi negara.

Jalan ke depan tidak selalu mudah. Kadang cobaan silih berganti harus dialami oleh masyarakat kita. Tapi dengan semangat dan persatuan yang kuat, kita akan berhasil menghadapi semua tantangan-tantangan itu.

Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2022. Semoga kita bisa terus memperkokoh tali persaudaraan sebagai sesama anak bangsa dan mencapai Indonesia maju yang kita cita-citakan.

BACA JUGA:  Langkah Konkrit Pemda Matim Dalam Pencegahan Penyebaran dan Penanganan Dampak Covid-19

Semoga Tuhan memberkati kita”.