PSU di Manggarai Flores NTT

PSU di Manggarai: Pemilih Berkurang, Anggota KPPS Kelelahan

Daerah Flores

Ruteng, SorotNTT.com – Pesta demokrasi bangsa Indonesia yang dilaksanakan tanggal 17 April 2019 sudah berlalu. Antusiasme warga mengikuti pencoblosan saat itu sangat tinggi. Namun pesta demokrasi seakan tak berlalu begitu saja.

Tak bisa dipungkiri pesta demokrasi di beberapa tempat diulangi kembali. Seperti hal yang terjadi di Kabupaten Manggarai, Flores, NTT. Ada beberapa TPS yang direkomendasi oleh KPU untuk mengadakan pemungutan suara ulang (PSU). Salah satunya di kampung Lao, Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Di tempat tersebut terdapat 2 TPS, yaitu TPS 003 dan TPS 004. Warga kampung Lao mendatangi tempat PSU, Sabtu (27/04/2019) pagi.

Agustinus Warsan selaku Ketua KPPS di TPS tersebut mengatakan, jumlah pemilih yang datang PSU berkurang, berbeda dengan pemilih yang datang pada saat hari pemilihan tanggal 17 April lalu.

“Dari jumah DPT yang ada di sini 260, kalau yang menggunakan hak pilih 191, dibandingkan 17 April jumlah pemilih yang hadir 195,” kata Agus.

Ia juga mengeluhkan soal pelaksanaan pesta demokrasi kali ini yang sangat rumit, sehingga mereka merasa kelelahan dalam menjalankan tugas. Dia mengharapkan agar pilpres dan pileg selanjutnya tidak diselenggarakan berbarengan.

“Pemilihan seperti ini memang rumit dan melelahkan bagi kami seluruh anggota KPPS. Diharapkan pemerintah yang mengambil kebijakan supaya barang kali bisa dipisahkan antara pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Bayangkan kerja dari pagi kemungkinan sampai malam,” keluhnya.

Dari hasil perhitungan suara untuk DPRD Manggarai di TPS 004, Bonavantura Onggot dari Partai Gerinda unggul dengan perolehan suara sebanyak 96, disusul caleg dari Partai Demokrat, Agnes Menot yang mendapatkan 46 suara. Di TPS 003, kedua caleg tersebut tetap unggul dari caleg partai lainnya, dimana Bona memperoleh 119 suara, sedangkan Agnes menpatkan 58 suara.

Pantauan langsung SorotNTT.com, PSU berlangsung aman. Petugas polisi dari Kepolisian Resort Manggarai dan beberapa anggota TNI hadir untuk menjaga keamanan di tempat tersebut. (MIKI)