PT.Floresco Telah Tuntaskan Pengerjaan Jalan Simpang Cumbi-Golo Cala-Iteng

RUTENG,SorotNTT.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) telah menyelesaikan Pengerjaan Paket Rehabilitasi Ruas Jalan Simpang Cumbi-Golo Cala-Iteng, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai.

Proyek tahun 2021 tersebut dikerjakan oleh  PT. Floresco Aneka Indah, dengan menelan anggaran sebesar Rp 22.162.768. 000.00.

Pantauan awak media pada 8 Desember 2022, dari arah Simpang Cumbi, Desa Lolang, Desa Jaong, Desa Golo Lambo, Desa Pongkor dan Desa Papang, Pengerjaan jalan ini sudah tuntas.

Terpantau juga, kualitas pengerjaan jalanya juga baik, seperti pengerjaan Hotmix, bahu jalan serta Tembok Penahan Tanah(TPT), Maupun pekerjaan lainya.

Durasi waktu untuk melewati jalur ini sekarang sangat cepat, dibandingkan ketika media ini melakukan liputan pada awal pekerjaan ini dimulai.

Yohanes, warga Desa Lolang menyampaikan harapanya agar pekerjaan ruas jalan Provinsi ini dituntaskan tahun 2023 mendatang.

“Untuk pengerjaan sekarang oleh PT Floresco sudah tuntas dan yang ada di Desa Lolang ini hasilnya baik”, ucapnya.

BACA JUGA:  Victor Manbait Minta Penyidik Gunakan UU Nomor 12 Tahun 2022 Dalam Kasus Pelecehan Seksual di BTN Kolhua

“Kami menunggu pengerjaan lanjutan untuk beberapa titik yang belum tersentuh seperti di Desa Lolang, Desa Jaong dan Desa Golo Lambo, juga dari Desa Papang menuju Golo Cala”, tambah Yohanes

Kami yakin Bapak Gubernur NTT, tetap akan memperhatikan ruas jalan ini, sehingga ditahun 2023 ini akan tuntas,” tutup Yohanes.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menganggarkan dana sebesar Rp. 22.162.768.000.00 untuk mengerjakan proyek tersebut.

Diketahui, Sumber pendanaan untuk pengerjaan proyek tersebut bersumber dari Pinjaman Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur ke PT.SMI untuk pengerjaan jalan sepanjang 11,60 km.

Pantauan media SorotNTT.Com dilokasi 22 Maret 2022, dari Simpang Cumbi sampai di pertigaan Golo Cala, Iteng, ditemukan pihak PT. Floresco Aneka Indah masih terus melaksanakan pekerjaan proyek tersebut.

Seperti di Desa Lolang, Kecamatan Satar Mese, terpantau masih dilaksanakan pengerjaan pelebaran jalan serta pengerjaan saluran drainase, serta pembangunan Tembok Penahan Tanah(TPT).

BACA JUGA:  Praktisi Hukum Unika Ruteng Soroti Praktik Kuari Ilegal di Matim

Sementara, di desa Jaong, sama sekali tidak ada aktifitas pengerjaan, padahal banyak titik-titik kerusakan jalan yang terjadi.

Terpantau juga, aktifitas pengerjaan proyek ini dimulai lagi di desa Golo Lambo, seperti pengerjaan pelebaran jalan serta pembangunan TPT, dan tepat diperbatasan dengan Desa Ngkaer telah dilakukan pekerjaan pengurukan.

Antrian kendaraan milik PT. Floresco Aneka Indah yang mengangkut material terpantau sangat panjang terjadi ditempat ini.

Pengerjaan hotmix sudah sampai di kampung Ineng gaja, desa Ngkaer, yang telah melewati desa Pongkar dan Desa Papang.

Untuk Desa Pongkor dan Desa Papang hampir seluruh ruas jalan propinsi ini telah dilakukan pengerjaan hotmix, walaupun masih ada proses pengerjaan lain yang terus dijalankan.

Pihak PT. Floresco Aneka Indah juga masih terus melakukan perbaikan atas kerusakan terhadap setiap pekerjaan yang telah selesai dilakukan, dengan terus mendapat pengawasan dari pihak konsultan CV. Sains Group Consultan.

BACA JUGA:  Dua Pelaku Curanmor Asal Rego Diamanakan Unit Jatanras Sat. Reskrim Polres Manggarai

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Felipus Dere, ST. MT, saat dikonfirmasi media ini 22 Maret 2022 menyampaikan bahwa pekerjaan ini masih dalam tahap pelaksanaan.

“Proyek masih berjalan, karena multiyiers, yang rusak kita akan perbaiki, karena memang disepanjang ruas jalan tersebut curah hujannya sangat tinggi”,ujar Felipus Dere.

“Sekarang ini dibeberapa titik yang rusak telah kita lakukan perbaikan dan akan terus kita pantau, karena pekerjaan ini masih dalam tahap pelaksanaan”, tambahnya.

Sementara, Kepala Desa Golo Lambo kepada media ini dilokasi menyampaikan harapanya agar pekerjaan proyek ini berjalan baik dan berkualitas.

“Sebagai perwakilan masyarakat saya memberikan apresiasi kepada pihak pemerintah dalam hal ini Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat(VBL) yang telah memperhatikan ruas jalan ini,” ungkap kades Jehabut.