UPTD Puskesmas Benteng Jawa

Puskesmas Benteng Jawa Melakukan Penyuluhan Cacingan

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT.com – UPTD Puskesmas Benteng Jawa, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) melakukan penyuluhan, pencegahan, dan pengobatan terhadap penyakit cacingan, Kamis (11/04/2019).

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk pencegahan penyakit cacingan juga bagian dari intervensi percepatan penurunan stunting. Kegiatan ini dilakukan 2 kali Dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober.

Kepala UPTD Puskesmas Benteng Jawa, Paskalis S. Jangkar menjelaskan, ada beberapa jenis cacing, yakni cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi, cacing cambuk, cacing pita, dan cacing hati.

“Cara penularan cacingan dapat melalui melalui oral. Bila makan tidak mencuci tangan, mengonsumsi daging terinfeksi cacing yang tidak dimasak dengan matang, melalui vektor yang membawa telur cacing dan hinggap di makanan, serta bisa juga melalui kulit bila tidak menggunakan alas kaki,” jelasnya.

Gejala yang timbul akibat cacingan, ia menjelaskan, antara lain adanya cacing yang keluar dari liang dubur, gatal-gatal pada kulit bekas larva masuk, kurang darah, gangguan pencernaan, seperti mulas-mulas, sembelit atau diare, perut tampak membuncit, dan menggaruk dubur pada waktu tidur.

“Dari segi pengobatan secara serentak diberikan Albendazole yang diminum 1 kali saja. Kalau biasanya kan obat cacing di berikan tiap 6 bulan sekali,” katanya

Adapun cara pencegahannya, lanjut Paskalis, harus ada kebiasaan sehat seperti, biasakan mencuci tangan sebelum makan atau memegang makanan.

“Lalu gunakan sabun dan bersihkan bagian kuku jari yang kotor, biasakan menggunting kuku secara teratur, tidak membiasakan diri menggigit kuku jari tangan atau mengisap jempol, tidak membiasakan bayi dan anak bermain di tanah, dan yang penting harus menjaga kebersihan,” tutup Paskalis.

Laporan: Dodi Hendra