jalan-sehat-puskesmas-weleng1

Puskesmas Weleng Mengadakan Gerak Jalan Sehat Lintas Sektor

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com Puskesmas Weleng, Desa Nampar Tabang, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur mengadakan gerak jalan  lintas sektor  yang bertemakan “Selamatkan ibu, selamatkan bayi, selamatkan masa depan”, Jumat (20/9/2019).

Kegiatan gerak jalan ini mengambil titik start dari lapangan sepak bola SDK Weleng, menuju Kampung Cenop, Kampung Nderu, dan selanjutnya kembali ke lapangan sepak bola SDK Weleng. 

Turut ambil bagian dalam kegiatan ini seluruh staf Puskesmas Weleng, Pastor Paroki St. Agustinus Weleng, para guru dan murid dari SMAN 2 Lamba Leda, SMPN 2 Lamba leda, SDK Weleng, Pjs. dan staf Desa Nampar Tabang, dan Bhabinkamtibmas Desa Nampar Tabang yang mewakili Kapolsek Lamba Leda. 

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menyukseskan pekan ibu bersalin dan keselamatan bayi dengan harapan untuk mengurangi angka kematian ibu (AKI) serta mengurangi angka kematian bayi (ABI), dan juga untuk menyukseskan program pemberantasan rabies di tingkat Puskesmas Weleng. 

Kepada media SorotNTT.com Pjs. Kepala Desa Nampar Tabang, Fransiskus Gustin, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat Desa Nampar Tabang, sehingga proses kelahiran dapat berlangsung baik serta menjamin keselamatan bayi. 

Selanjutnya Gustin menambahkan, “Yang ditingkatkan itu kesadaran masyarakat, maka dipandang perlu untuk terus melakukan pendekatan yang sifatnya membuat mereka sadar.”

Terpisah, Kepala UPTD Puskesmas Weleng, Andreas Sango Ate, Amd.KL, menyampaikan ucapan terimakasih atas keterlibatan semua pihak, sehingga kegiatan gerak jalan lintas sektor ini dapat berlangsung dengan baik. 

Andre menambahkan, “Tentu ini berkelanjutan, dan diikuti oleh pendekatan serta implementasi nyata kedepannya, sehingga harapan agar terciptanya keselamatan ibu bersalin dan bayi yang dilahirkan juga selamat, dapat ditingkatkan.”

“Selaku Kepala UPTD Puskesmas Weleng, saya juga mengharapkan agar hubungan dan kerjasama lintas sektor ini terus terjalin, tentunya demi meningkatnya derajat kesehatan masyarakat itu sendiri,” tutup Andre.

Kegiatan gerak jalan lintas sektor ini di akhiri dengan senam sehat bersama, bertempat di lapangan sepak bola SDK Weleng. 

Laporan: Marselin