Bangunan Pustu rusak di Desa Liang Deruk

Pustu Sudah Lama Rusak, Pasien Dirawat di Kantor Desa

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT.com – Keberadaan Pustu di setiap desa menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya Pustu pelayanan kesehatan masyarakat akan terpenuhi. Selain itu keberadaan Pustu sangat membantu Puskesmas untuk menjalankan kegiatannya, yaitu menyelesaikan masalah kesehatan dalam masyarakat.

Namun, bagaimana jika Pustu justru tidak terawat? Hal ini terjadi di Desa Liang Deruk, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur. Bangunan Pustu yang sebenarnya difungsikan sebagai tempat untuk menolong warga yang sakit, sekarang sama sekali tidak dapat digunakan. Bangunan Pustu tersebut mubazir.

Salah satu warga desa menyampaikan kepada SorotNTT.com, Kamis (25/4/2019), bangunan Pustu tersebut sangat rusak terutama di bagian dalam.

Bangunan Pustu yang rusak di Desa Liang Deruk
Bangunan Pustu di Desa Liang Deruk, Kec. Lamba Leda, Kab. Manggarai Timur yang rusak parah dan terbengkalai.

“Bangunan Pustu rusak, yang paling parah kalau kayu-kayu atap jatuh. Kayunya tidak kuat lagi,” katanya.

Sedangkan untuk memberikan pertolongan terhadap warga yang sakit, mereka diarahkan ke Kantor Desa Liang Deruk.

“Hal ini dilakukan karena kantor desa sangat aman digunakan untuk merawat pasien. Itu menjadi salah satu alternatif yang diambil. Mengingat keadaan Pustu yang sangat memprihatin. Ini sudah jalan hampir satu tahun lebih,”  kata seorang warga.

Saat media ini menanyakan jika ada tamu yang akan berkunjung ke kantor desa, seorang warga menjelaskan warga yang sakit akan dipindahkan ke rumah warga.

“Tamu datang ke Kantor Desa, mau tidak mau yang sakit harus dipindahkan ke rumah warga,” tutupnya. (MIKI)