Ratusan Warga Elar Selatan Gelar Kerja Bakti di Puskesmas Wukir

Ratusan Warga Elar Selatan Kerja Bakti di Puskesmas Wukir

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT.com – Ratusan warga gelar bakti sosial bersama di Puskesmas Wukir, Desa Sangan Kalo, Kecamatan Elar Selatan (Elsel), Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Camat Elar Selatan, Stephanus Lamar dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00 Wita.

Pantauan SorotNTT.com, pada Jumat (31/5/2019) pagi, kegiatan bakti bersama ini, yakni pembersihan rumput di sepanjang jalan menuju Puskesmas yang ada di beberapa titik, antara lain:

Pertama, dari pertigaan Wukir II, tepatnya di kampung Nuamajun menuju lokasi Puskesmas Wukir.
Kedua, dari arah Kantor Camat Elar Selatan menuju lokasi Puskesmas Wukir
Ketiga, pembersihan di kompleks Puskesmas, yakni mencabut rumput di bagian depan, samping kiri dan kanan Puskesmas sekaligus menata tanaman.

Usai kerja bakti bersama, Camat Elar Selatan, Stephanus Lamar menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada segenap warga yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  Isu Universitas Nusa Nipa(UNIPA) Maumere Bermetamorfosa Jadi UNIPA Indonesia, Bisa Berujung Tindak Pidana Korupsi
Warga Elar Selatan Kerja Bakti

“Ini bukan tugasnya Puskesmas, bukan tugasnya pemerintah kecamatan, bukan tugasnya pemerintah desa, melainkan tugas kita bersama. Hari ini, saya merasa bahagia melihat kehadiran dari  Bapak dan Ibu serta para pemuda yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Kehadiran dari  Bapak, Ibu dan pemuda merupakan harapan bagi kita semua. Hari ini kita  menunjukkan bahwa kita sudah ada,” tegasnya.

Masih kata Stephanus, untuk ke depan bila perlu sepuluh kali lipat warga kita yang hadir pada kegiatan-kegiatan selanjutnya. Masih banyak PR yang harus kita selesaikan bersama ke depannya. Jangan pernah hilang semangat gotong royong ini. “Saya sendiri merasa senang dengan kehadiran dari para tokoh-tokoh muda. Hari ini saya jadi camat, besok kamu (pemuda) yang jadi camat di Elar Selatan. Kecamatan Elar Selatan ini milik kita bersama,” imbuhnya.

Stephanus menambahkan, jika pemerintah membangun jalan, masyarakat wajib merawat dan menjaganya.

BACA JUGA:  Akhirnya Sebagian Wilayah Elar Selatan Bisa Menikmati Jaringan Internet

Hal serupa di sampaikan oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Elar Selatan, Kanisius Satal. Menurutnya, kegiatan bakti hari ini merupakan kegiatan dalam rangka persiapan akreditasi Puskesmas Wukir.

“Beberapa hari yang lalu, di kantor Kecamatan ada rapat pembentukan panitia persiapan Akreditasi Puskesmas Wukir. Panitia sudah dibentuk dan Camat sebagai Penasihat dan Pelindung serta Panitia Pelaksanaan adalah Kepala Puskesmas dibantu oleh beberapa teman-temannya. Sejauh ini, saya melihat persiapan kita dalam rangka Akreditasi Puskesmas Wukir sangat tidak cukup. Saya butuh kerja keras dari kita semua untuk sama-sama bekerja untuk tata dalam beberapa hari ke depan,” pinta Kanisius.

Warga Elar Selatan Kerja Bakti di Puskesman Wukir

Menurutnya, rencana tim yang datang nanti sekitar tanggal 24 Juni mendatang. Meski waktunya masih lama, tapi kita di sini butuh persiapan.

“Soal administrasi dalamnya, itu urusan Kepala Puskesmas yang atur. Tapi, persiapan luar butuh kerja keras lagi dari kita semua, seperti keindahan lingkungannya, keindahan tanamannya, keindahan pagarnya dan lain-lain. Untuk beberapa hari ke depan, bapak, ibu dan para tokoh muda untuk sama-sama bekerja membenahi lingkungan Puskesmas ini. Kami tidak perlu jelaskan apa maksud Puskesmas ini di akreditasi. Ini kami tidak perlu jelaskan,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Kepemimpinan wasit Buruk, Pelatih Persematim Mengamuk

Turut hadir dalam kegiatan ini, jajaran OPD Kecamatan Elar Selatan, Kepala Desa Sangan Kalo, Paulina Nawun, Kepala Puskesmas Wukir, Albina Niman, tokoh Adat, serta ibu-Ibu dari dua dusun di Desa Sangan Kalo.

Laporan: Ferdinandus Lalong