Rider MotoGP Keluh Sirkuit Mandalika yang Kotor

Sirkuit Mandalika,(Foto:Ist)

Jakarta,Sorotntt.com – Para rider MotoGP sudah mencicipi Sirkuit Mandalika pada hari pertama tes pramusim MotoGP Mandalika. Keluh kesah terlontar terkait kotornya trek.

Sirkuit Mandalika akhirnya dijajal para rider, menandai persiapan Indonesia kembali ke kalender balap sejak terakhir ikut serta pada 1997. Balapan di Indonesia sendiri akan dilangsungkan 20 Maret mendatang.

Rider MotoGP menggelar tes pramusim di Sirkuit Mandalika, tes kedua musim ini setelah di Malaysia. Hari pertama digelar pada Jumat (11/2/2022).

Namun, rider disuguhkan trek yang kotor, akibat hujan yang mengguyur lintasan malam harinya. Tanah dan kerikil masuk ke trek, yang cukup berbahaya jika dilahap motor pebalap.

BACA JUGA:  Anggota Panitia Kemitraan PAMSIMAS Matim: Saya Minta Propinsi dan Pusat Tegas

Imbasnya, sesi tes sempat ditangguhkan. Pertemuan digelar, karena pebalap mengeluhkan kondisi trek yang cukup kotor.

Setelah sempat dicoba membersihkan trek dengan mesin dan hasilnya kurang maksimal, rider berinisiatif membersihkan sendiri. Caranya dengan melakukan putaran sebanyak 20 lap untuk menyingkirkan kerikil dari trek.

Andrea Dovizioso, rider WithU RNF Yamaha, mengungkap bagaimana para rider akhirnya turun tangan sendiri membersihkan trek. Ia mengaku seharusnya ada cara yang lebih baik dilakukan.

“Kami mengadakan pertemuan untuk memutuskan apakah mencoba membersihkan trek dengan mesin, atau mengendarai motor,” kata Dovizioso.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Apresiasi Penyelenggara MotoGP Mandalika 2022

Lanjut Dovizioso, seperti dikutip dari Crash.Setiap rider tidak benar-benar ingin membalap, karena saya keluar sebelum pertemuan dan saya tidak bisa menjelaskan seberapa buruk itu. Tetapi mereka sudah mencoba membersihkan sebelum saya keluar, di Tikungan 1 dan 2, dan saya tidak melihat perbedaan antara tikungan itu dan yang lainnya.

“Jadi pertanyaan saya adalah, jika bisa membersihkan dengan cara yang lebih baik dengan mesin, maka sebaiknya tidak usah balapan dan menunggu sampai besok Sabtu. Tapi saya rasa tidak ada kesempatan lagi, tidak memiliki kesempatan lain untuk membalap, jadi kami membersihkan lintasan seperti ini,” tutupnya.