Rumah Warga dan Hamparan Sawah Dampek Terendam Banjir

Daerah

Borong, SorotNTT.Com-Dua hari ini (Rabu dan Kamis, 27-28/01/2021) hujan mengguyur wilayah Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Akibatnya, sawah dan sebagian rumah warga terendam banjir.

IMG-20210816-WA0106

Saat ini, sebagian sawah atau kurang lebih 5 hektar dari kurang lebih 278 hektar hamparan sawah milik warga di dataran Dampek, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur terendam banjir. Untungnya, sawah milik warga saat ini tidak digarap akibat sedang dalam perbaikan irigasi.

hut17_matim.jpeg

Air banjir dari kali Wae Laing yang membela batas wilayah Desa Satar Padut dan Desa Satar Kampas juga menggenangi beberapa rumah warga di wilayah itu.

BACA JUGA:  Rizieq Shihab Imam Besar FPI Resmi Tersangka Kerumunan Petamburan

Salah satu penyebab air banjir meluap juga akibat air laut sedang pasang.

Fasilitas umum yang sepat digenang banjir adalah Masjid Nurul Yasin Dampek, dan kini air banjlir kembali surut dan Masjid sudah di bersihkan warga setempat. Sedangkan sekolah, puskesmas, dan gereja posisi aman atau tidak kena banjir.

Sebanyak 21 rumah warga yang dikunjingi air banjir, antara lain di Kampung Dampek 15 rumah, di Kampung Lirang 3 rumah di Kampung Nanga Pede 3 rumah.

Air banjir kini kembali surut dan warga kembali bersihkan rumah rumah mereka dari sisa air dan lumpur banjir.

BACA JUGA:  Dukung Pemanfaatan EBT, Gubernur NTT Viktor B Laiskodat melakukan peninjauan Eksplorasi PLTP Mataloko

Sejauh ini, tidak ada warga yang mengungsi akibat peristiwa ini. Kerugian materil masih sedang didata oleh petugas dilapangan.

Untuk sawah milik warga yang terendam banjir, kemungkinan besar tida banyak mengalami kerugian marerial sebab sawah dampek musim ini tidak dikerjakan karena sedang lakukan perbaikan irigasi yang mengairi sawah dimaksud.

Data akurat lainnya masih dalam tahap perampungan untuk dilaporkan ke BPBD Kabupaten Matim. Sedangkan laporan lisan via telfon sudah dilaporkan secara langsung ke Kepala BPBD Matim. 

BACA JUGA:  Kepengurusan FORKI Kabupaten Manggarai Periode 2018-2023 Resmi Dilantik

hut17_fansi.jpeg hut17_sil.jpeg hut17_osi.jpeg hut17_yeni.jpeg hut17_domi.jpeg hut17_sma2pacar.jpeg hut17_smpn1pacar.jpeg hut17_manong.jpeg hut17_jon.jpeg