Saluran Irigasi Wae Ces Empat, Yang Baru Selesai Dikerjakan Kini Sudah Rusak Kembali

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com- Saluran Irigasi Wae Ces empat, yang terletak di Karot, Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT, yang baru selesai dikerjakan, tetapi sudah rusak kembali.

Proyek yang bersumber dari APBD Propinsi NTT ini dikerjakan oleh CV Elischa Jaya dengan pagu anggaran sekitar 2 Milyar.

Diketahui dari berbagai sumber yang didapat oleh media ini , proyek saluran irigasi  ini merupakan anggaran tahun 2020, dan baru beberapa bulan sudah selesai dikerjakan.

Ketika awak media melakukan peninjauan kelapangan Jumat(29/01/2021) didapati fakta bahwa, telah terjadi kerusakan pada 2 titik, serta longsoran dititik yang lainya.

Kerusakan yang ada diperkirakan mencapai sekitar 30 meter, dan ada kemungkinan akan terjadi kerusakan lagi kalau tidak segera diperbaiki.

BACA JUGA:  NTT Kembali Berduka

Kuasa Direktur CV Elischa Jaya, ketika dikonfirmasi media ini menyampaikan bahwa mengenai kerusakan yang terjadi tersebut akan kita perbaiki, sambil menunggu cuaca yang membaik.

Pekerjaan ini sudah kita selesaikan sekitar bulan september yang lalu, dan sekarang masih dalam tahap pemeliharaan.

Terpisah PPK saluran irigasi Wae Ces yang dimintai pendapatnya juga menyampaikan bahwa kerusakan tersebut akan diperbaiki kalau cuaca baik kembali.

Beliau juga menyampaikan trimakasih atas informasi yang diberikan oleh awak media terkait pengerjaan irigasi Wae Ces Empat ini.

Ketua Lembaga Advokasi Demokrasi dan Investigasi Kebijakan Umum(LADIKUM) Salesius Kantur ketika dimintai pendapatnya oleh media ini terkait pengerjaan proyek tersebut menyampaikan, bahwa diduga kerja ini asal jadi.

BACA JUGA:  Cerita Bupati Deno Mengendarai Motor Ke Kampung Terudik di Reok Barat

Ini proyek miliaran, masa belum beberapa bulan sudah rusak kembali, kita sebagai masyarakat pasti kecewa atas kualitas pengerjaan proyek ini.

Kalau dikerjaan dengan baik pasti ini bertahan lama, walaupun ada rembesan air sawah yang posisinya lebih tinggi dari letak saluran irigasi ini.

Dan sebelum proyek dikerjakan pasti melalui perencanaan, semua aspek pasti diperhatikan, sehingga nanti kualitas kerja pasti hasilnya baik.
Saya tegaskan segera perbaiki kerusakan yang terjadi di irigasi miliaran rupiah ini, kita akan terus mengawalnya, tutup Sales.