Sambut 67 Prabinsa, Dandim Alor Sampaikan Lakukan Yang Terbaik Di Bumi Persaudaraan

Daerah

Kalabahi, SorotNTT.Com- Komandan Kodim 1622/Alor, Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag memimpin acara korps penerimaan bagi 67 orang Tamtama TNI AD berpangkat Prajurit Dua (Prada), bertempat di lapangan apel Makodim, Jl. El Tari, Kel. Mutiara, Kec. Teluk Mutiara, Kab. Alor, Selasa (01/9/2020), mengucapkan Selamat datang para prajurit baru TNI AD putra asli nusa kenari, yang akan menjadi prajurit pembina desa (prabinsa) di wilayah teritorial Kodim 1622/Alor.

Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag menjelaskan bahwa, ke 67 prajurit ini baru selesai menjalani pendidikan dasar dan kejuruan/kecabangan selama 7 bulan. Mereka juga sudah mengikuti kursus Prabinsa selama 1 bulan di Rindam IX/Udayana, Tabanan-Bali.

“Walaupun mereka masih baru, namun sudah dibekali ilmu teritorial. Artinya sudah siap melaksanakan Binter diwilayah karena sudah ada bekal, tinggal dibimbing lagi oleh para senior-seniornya nanti dilapangan”, tambahnya.

Mereka akan ditempatkan di 4 Koramil jajaran Kodim 1622/Alor yakni Koramil 01/Kalabahi, Koramil 02/Pantar, Koramil 03/Maritaing, dan Koramil 04/Apui. Penempatan disesuaikan dengan kebutuhan setiap Koramil, sehingga bisa menjawab kekurangan personil di setiap Koramil.

Mereka (67 Prabinsa baru) memang putra asli daerah ini, namun akan melaksanakan masa orientasi dalam beberapa hari ini di Makodim. Oleh para Perwira Staf, Danramil maupun Batuud Koramil, akan menjelaskan tentang karakteristik wilayah, adat istiadat kebiasaan dan lainnya yang berhubungan dengan wilayah tugas masing-masing. Dengan tujuan agar lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat, jelasnya.

“Mereka aka didampingi oleh para seniornya yang sudah lebih dulu melaksanakan tugas sebagai Babinsa”, tambah Dandim.

Saya berharap dengan penambahan anggota baru ini dapat memberikan nilai dan energi tambahan dalam menunjang tugas pokok Satuan Kodim 1622/Alor membantu Pemda dan masyarakat untuk membangun Alor tercinta, tanah terjanji, bumi persaudaraan, surga di timur matahari.

Menyikapi beberapa kejadian yang terjadi akhir akhir ini, saya tegaskan hindari tindakan yang tidak terpuji dengan aparat kepolisian maupun masyarakat. Sekecil apapun itu tindakannya, tidak boleh terjadi di Alor sebagai bumi persaudaraan ini, tegas Dandim.

Kepada anggota lama dan baru, Dandim tegaskan kembali 4 pesan Danrem 161/Wira Sakti yakni selalu jaga kekompakan, loyalitas, tupoksi harus tercapai, dan keharmonisan untuk menciptakan suasana keharmonisan dalam pelaksanaan tugas Binter diwilayah, bersama dengan anggota Polri yakni para Bhabinkamtibmas dan seluruh elemen masyarakat.

“Selalu semangat dalam bekerja serta berbuat yang terbaik bagi satuan, daerah ini, serta bangsa dan negara”, tandasnya.

Turut hadir pada acara korps penerimaan anggota baru, Kabagops Polres Alor Kompol Dominggus Sidakole, Ketua Persit KCK Cab XXI Ny. Yuli Supyan Munawar bersama pengurus, para perwira Staf dan Danramil jajaran, anggota Bintara dan Tamtama Kodim 1622/Alor, serta anggota Polres Alor.

(Jef/tim)