Sambut HUT RI Ke-74, Pemdes Lewohala Gelar Berbagai Perlombaan

Flores

Larantuka, SorotNTT.Com – Dalam rangka memeriahkan perayaan dirgahayu kemerdekaan RI yang Ke-74, Pemerintah Desa Lewohala, Kecamatan Ile Mandiri, Kabupaten Flores Timur mengadakan berbagai perlombaan. Kegiatan ini resmi dibuka pada, Kamis (01/08/2019).

Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, Lambertus L. Tukan, Selaku Kepala Desa Lewohala, menyampaikan bahwa kegiatan dalam rangka menyongsong hari kemerdekaan RI ini bukan sekedar rutinitas belaka.

“Yang perlu kita ketahui bersama kegiatan ini bukan sekedar seremoni belaka tetapi, lebih daripada itu kegiatan ini dilakukan untuk menjalin persaudaraan dan memupuk solidaritas diantara kita semua,” Tegasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, bahwa sesuai dengan tema nasional HUT kemerdekaan yaitu “74 tahun menuju indonesia unggul”, diharapkan kepada kita semua untuk selalu menampilkan hal-hal yang unggul dari setiap diri kita yang tentunya memiliki nilai positif.

“Sebagai warga negara yang baik sudah saatnya kita memberi untuk negara, selama ini negara sudah banyak memberi untuk kita dan saat inilah untuk kita sama-sama mengeluarkan segala potensi diri kita agar kita bisa menjadi bagian dari masyarakat yang unggul, mulai dari kesehatan terjamin, pendidikan yang layak sehingga kita bisa sejahterah,” tutupnya.

Sementara itu, Petrus P. Weking, Selaku Ketua Panitia, mengajak seluruh warga masyarakat untuk terlibat langsung dan aktif dalam kegiatan ini.

“Untuk diketahui bersama kegiatan ini merupakan hasil kesepakatan bersama dan atas himbauan langsung dari pemerintah tingkat kecamatan agar disetiap desa tetap melaksanakan berbagai kegiatan dalam menyongsong perayaan HUT kemerdekaan. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk berpatisipasi aktif sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik,” cetus Petrus.

Terpisah, Alfian Piran, Selaku warga desa lewohala menyampaikan sukacitanya sembari berharap agar masyarakat berpatisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.

“Selaku masyarakat tentunya kita menyambut baik dengan terselenggaranya kegiatan ini dan  berharap agar kedepanya masyarakat lebih semangat lagi dan berpatisipasi aktif untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang,” tuturnya.

Adapun jenis perlombaan dalam kegiatan ini meliputi Sepak Bola, Bola Ria, Tarik Tambang, Lari Karung, lomba kebersihan antar dusun dan lomba gerak jalan.

Untuk diketahui, Kepanitiaan dalam kegiatan ini melibatkan Mahasiswa Universitas Nusa Cendana(UNDANA)-Kupang yang sedang melakukan program Kuliah Kerja Nyata(KKN) Periode 1 tahun akademik 2019/2020.

Laporan : Alvino Latu