Sambut kunjungan Anggota DPD RI Asal NTT, Ini Harapan Bupati Agas

Daerah

Borong,Sorotntt.com- Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas SH,.M.Hum. menerima kunjungan kerja salah satu anggota DPD RI asal NTT, dr. Asyera R.A. Wundalero di rumah jabatan Bupati, Golo Lada, Borong pada Rabu, 24/02/2021.

Dalam kesempatan itu dr. Asyera mengungkapkan kegembiraanya bertemu Bupati Manggarai Timur sebagai representasi masyarakat Matim dan menyampaikan terima kasih atas doa dan dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat Manggarai Timur yang mengantarnya ke senayan.

Mantan aktivis pemberdayaan petani ini mengakui bahwa niatnya mecalonkan diri sebagai salah satu anggota DPD RI pada 2019 silam dilandasi keprihatinannya terhadap nasib rakyat NTT yang masih terbelenggu kemiskinan.

“Back ground saya dokter dan aktivis pertanian dengan jaringan luas hingga ke pusat, tetapi ternyata ini tidak cukup. Saya harus punya kekuatan politik untuk memperbaiki nasib rakyat NTT”, tegasnya.

dr. Asyera tergabung dalam Komite IV DPD RI yang berurusan dengan Kementerian Keuangan, Koperasi & UKM, Perbankan dan OJK. Melalui mitra-mitra kerja inilah dr.Asyera memperjuangkan legalitas aspirasi rakyat NTT. Dalam kesempatan rapat kerja dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Senator asal Pulau Sumba ini selalu menyuarakan keadilan anggaran bagi Provinsi NTT yang ia sebut sebagai “Dana Keadilan”. Pendekatan anggaran ini sangat urgen mengingat NTT telah ketinggalan jauh dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

“Pak Bupati, sampai hari ini saya masih getol untuk mendapatkan dana keadilan 10 triliyun bagi rakyat NTT. Kita punya banyak potensi ko, Apalagi sekarang sektor pariwisata NTT khususnya Labuan bajo telah menyedot perhatian dunia dan menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional” jelasnya.

Selain itu, ada 2 (dua) hal penting yang saat ini sedang digodok oleh dr. Asyera Bersama 3 senator lainnya asal NTT, yakni Undang-Undang BUMDes dan predikat provinsi kepulauan bagi NTT.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Agas menyampaikan apresiasi atas roadshow dr. Asyera ke seluruh wilayah di NTT dan menitipkan beberapa hal penting yang menjadi prioritas kebijakan pembangunan Manggarai Timur.

“Menu-menu DAK (Dana Alokasi Khusus) kalau boleh ditentukan atau disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas daerah, kadang prioritas pusat tidak nyambung dengan kebutuhan riil di daerah. Dana Desa ok tetapi dana kelurahan juga harusnya tetap ada.”kata Agas.

Bupati Agas juga menyampaikan gagasannya mengenai pengelolaan BUMDes di Manggarai Timur dan pengembangan Desa Wisata Colol sebagai sentra kopi di Manggarai Timur.

Sebagai penutup, Bupati Agas menyampaikan kegelisahannya terkait refocusing anggaran sebagai dampak pandemi covid-19.

“ Saat ini kami sedang mengajukan pinjaman melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membiayai program prioritas pembangunan jalan 10 Km per Kecamatan dan Air Minum bersih”Tutup Bupati Agas

Kunjungan dr. asyera di Manggarai Timur ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada Bupati Manggarai Timur. Selanjutnya dr. Asyera akan melanjutkan kunjungan ke beberapa kabupaten di pulau Flores