Mahasiswa KKN Undana Kupang di Flores Timur

Sambut Mahasiswa KKN Undana, Bupati Flotim: Berikan Nilai yang Lebih untuk Masyarakat

Featured Flores

LARANTUKA, SorotNTT.com – Sebanyak 188 mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 1 tahun akademik 2019/2020. Rombongan Mahasiswa KKN tersebut diterima oleh Pemerintah Kabupaten Flores Timur di aula Kantor Bupati, Jumat (12/07/2019).

Ir. Isidorus Kleden M.Si, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam sambutan mewakili pihak Undana menyampaikan bahwa kegiatan KKN merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan KKN merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh para mahasiswa yang dimana kegiatan tersebut memadukan antara pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa KKN kali ini merupakan KKN reguler yang dimana para mahasiswa sendiri yang merancang program kerja yang akan dijalankan dan ada tiga program kerja utama yang meliputi program kerja kelompok, program kerja individu, dan program kerja yang disesuaikan dengan program kerja pemerintah.

Sementara itu, Bupati Flores Timur dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dominikus Demon, S.H menyampaikan ucapan selamat datang kepada 188 mahasiswa KKN Undana serta berpesan agar para mahasiswa dapat memberikan sesuatu yang lebih untuk masyarakat.

Rombongan mahasiswa KKN Undana Kupang diterima Pemkab Flotim
Rombongan mahasiswa KKN Undana Kupang diterima Pemkab Flotim, Jumat, 12/7/2019

“Atas nama Pemerintah Flores Timur saya menyampaikan selamat datang kepada saudara semua, kiranya kehadiran para mahasiswa di Kabupaten Flores Timur memberi nilai lebih untuk masyarakat di tempat di mana saudara semua akan melakukan aktivitas yang kita sebut sebagai kuliah kerja nyata,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, sebagai salah satu universitas tertua di NTT, Undana sejatinya sudah banyak menghasilkan sarjana yang berkualitas. Oleh karena itu, ia berharap para mahasiswa yang hadir juga dapat berkontribusi dalam memecahkan persoalan sosial kemasyarakatan.

“Sebagai salah satu Universitas tertua di Nusa Tenggara Timur sampai hari ini, Undana sudah banyak menghasilkan para wisudawan dan wisudawati yang berkualitas. Hal ini merupakan sumbangan dunia pendidikan Universitas Nusa Cendana kepada masyarakat di NTT khususnya dan Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu, kehadiran¬† para mahasiswa, juga diharapkan dapat memecahkan segala persoalan dan dinamika sosial kemasyarakatan secara komprehensif,” tutupnya.

Terpisah, Hendrikus Temela Sanga, selaku Koordinator Umum menyampaikan, “Kegiatan KKN merupakan perwujudan atas pengabdian kepada masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki para mahasiswa dan ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur yang sudah bersedia menerima para mahasiswa untuk mengabdi bersama masyarakat serta harapannya ke depan kerja sama antara pihak Undana maupun Pemerintah Flores Timur tetap terjalin dengan baik,” cetus mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) itu.

Untuk diketahui, mahasiswa KKN Undana di Flores Timur kali ini terbagi di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Ile Mandiri dan Kecamatan Lewolema. Dan kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih dua bulan, yaitu dari bulan Juli sampai September 2019.

Laporan: Alvino Latu