Satu Pelaku Perjalanan di Matim Positif Covid-19

Daerah

Borong, SorotNTT.Com- Satu pelaku perjalanan asal Kampung Wodong, Desa Goreng Meni Utara,Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (30/09/2020). 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur, Bonifasius Sai, ketika dikonfirmasi media ini, Rabu(30/09/2020) malam, menjelaskan  bahwa pelaku perjalanan tersebut diketahui pulang dari Sulawesi Selatan pada tanggal 15 september yang lalu.

Berdasarkan hasil  pemeriksaan Laboratorium Biologi Molekuler Prof Dr. W.Z Johannes Kupang, dari 32 sampel swab yang dikirim pada 23 September 2020, diperoleh hasil satu sampel terkonfirmasi positif Covid-19.

Diketahui Yang bersangkutan berinsial NYS (23), Sementara 31 sampel lainnya hingga saat ini belum diterima dari Laboratorium Biologi Molekuler Prof Dr W.Z Johannes Kupang.

“Sampel yang positif Covid-19 itu berasal dari Kecamatan Lamba Leda. Yang bersangkutan adalah pelaku perjalanan dari Makassar, Sulawesi Selatan. Ia tiba di pelabuhan Reo Kabupaten Manggarai, menggunakan kapal Sabuk Nusantara, 15 September 2020.

Bonifasius mengatakan, saat screening awal, rapid test reaktif. Berdasarkan hasil itu, yang bersangkutan melakukan karantina mandiri di desanya.

Kemudian, pada 22 September 2020, Gugus Tugas Covid-19 Matim mengambil sampel swab terhadap yang bersangkutan.

Saat itu, ia tetap menjalani karantina mandiri di desanya dengan pengawasan ketat.

“Saat ini pemerintah sudah menjemput yang bersangkutan untuk menjalani karantina di shelter yang disediakan Pemkab Matim yakni di RSUD Borong,” jelas Bonifasius.

Bonifasius juga menghimbau kepada seluruh masyarakat manggarai timur agar meningkatkan kesadaran, komitmen, perjuangan serta solidaritas menjadi semangat serta tindakan  kita bersama  dengan menjalankan protokol kesehatan.

Mari bersama juga berusaha mencegah terjadinya transmisi lokal di kabupaten manggarai timur. 

Patuhi protokol kesehatan dengan menjaga kesehatan diri sendiri, itu berarti kita turut melindungi kesehatan keluarga, sahabat, komunitas serta seluruh masyarakat manggarai timur.

Kita juga dihimba agar mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak saat ke luar rumah, tutup Bonifasius(Robert Nangkar/Tim)