Sebanyak 25 Anggota DPRD, Resmi Dilantik di Gedung DPRD Ngada

Daerah Flores

Bajawa, SorotNTT.com – Sebanyak 25 anggota DPRD Ngada terpilih, resmi dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Bajawa, Herbert Harefa, Rabu (28/08/2019) di ruang sidang DPRD Ngada.

Ketua DPRD Ngada Periode 2014 – 2019, Helmut Waso, dalam sambutannya menyampaikan, selama masa pengabdian anggota DPRD periode 2014-2019, banyak hal yang sudah dilakukan oleh DPRD sebelumnya yang akan segera mengakhiri masa tugas.

Pelaksanaan kewajiban untuk menjawab aspirasi masyarakat Ngada telah dilakukan. Meskipun disadari, banyak hal yang belum sempat terbenahi dan diselesaikan.

“Saya berharap kepada DPRD baru, dapat melanjutkan tugas pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Ngada,” pintanya.

Helmut Waso melanjutkan, di awal masa jabatan dari tahun 2014, DPRD yang ada melaksanakan berbagai kegiatan legislatif, yaitu rapat-rapat baik internal dewan maupun dengan OPD pemerintah, dialog Interaktif dengan eksekutif, dialog komunikatif dengan kelompok masyarakat, kunjungan kerja serta kegiatan reses untuk menampung aspirasi masyarakat.

“Dari hasil kegiatan Dewan masa 2014 – 2019, dalam menjalankan tugas dan kewenangannya telah menghasilkan sebanyak 93 buah keputusan DPRD, 29 buah Perda persetujuan, Perda inisiatif  DPRD sebanyak 5 Perda, 9 buah keputusan Pimpinan DPRD, dan 31 keputusan DPRD bersama kepala daerah,” bebernya.

Sementara itu Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa, dalam acara pelantikan tersebut membacakan sambutan Gubernur NTT, yang menegaskan berbagai masalah yang dihadapi daerah ini dan perlu mendapat perhatian bersama untuk segera diatasi diantaranya : kemiskinan, perumahan tidak layak huni, stunting, ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, pertanian, peternakan, pertambangan dan berbagai masalah sosial lainnya.

“Sinergi antara Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah/Kota dalam mengatasi persoalan ini tentunya menjadi komitmen bersama, termasuk Bapak/Ibu Anggota Dewan dalam menjalankan fungsi Dewan, untuk bersama Bupati dalam mengelola sumber daya yang ada, terutama APBD kabupaten secara efektif dan efisien untuk mencapai perbaikan atas persoalan-persoalan ini,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini,  Bupati Ngada Paulus Soliwoa, Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Bajawa, Ketua Kejaksaan Negeri Bajawa, Kapolres Ngada, DPRD Periode 2014-2019 serta keluarga dan undangan lainnya.

Laporan : Lalong Ferdinandus