Sekda Fansi: Wanita atau Istri Punya Peran Ganda Untuk Menyukseskan Pembangunan

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com-Sekertaris Daerah Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus selaku Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Manggarai mengukuhkan Pengurus DWP Kabupaten Manggarai masa bhakti 2020-2025, hari ini Kamis (15/10/2020), pukul 10.00 wita, bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai.

Pengurus DWP Kabupaten Manggarai periode 2020-2025 diketuai oleh Ibu Yustina S. Jahang.

Pengukuhan ini didasarkan pada Surat Keputusan bernomor: Kep 07/DWP.KAB.M’RAI/X/2020, tentang Pemberhentian Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Manggarai Masa Bakti 2015-2020 dan Pengangkatan Pengurus Dharma Wanita Kabupaten Manggarai Masa Bakti 2020-2025.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Manggarai menyampaikan bahwa peran perempuan dimasa sekarang tidak lagi dapat dipandang sebagai “pengurus rumah tangga”.

“Wanita atau istri punya peran ganda yang sangat-sangat besar dalam menyukseskan pembangunan di daerah ini”, ungkap Sekda Fansi.

Oleh karena itu, Sekda Fansi mengajak DWP sebagai wadah persatuan istri ASN agar mampu mendukung pelaksanaan tugas suami untuk lebih berkinerja. Prestasi, kinerja, dan produktivitas suami sebagai ASN sangat dipengaruhi oleh dukungan istri ASN.

“Peran serta mereka sebagai istri ASN yang tergabung dalam satu organisasi, disadari atau tidak, pada titik tertentu akan mendorong meningkatnya kinerja ASN di perangkat daerah masing-masing”, kata Sekda Fansi.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa DWP Kabupaten Manggarai memiliki peran penting dalam proses pembangunan di Kabupaten Manggarai.

“Organisasi ini, sesuai dengan AD/ART mereka, ikut berpikir dan turut serta dalam proses pembangunan, terutama pembangunan sumber daya manusia anggotanya, yang pada gilirannya akan berkontribusi nyata dalam pembangunan”, ujarnya.

Ia juga menegaskan beberapa hal dalam sambutannya yakni pertama, perlunya keaktifan anggota DWP di setiap perangkat daerah. Kedua, kesungguhan dari setiap perangkat daerah untuk memastikan bahwa DWP benar-benar didukung keberadaannya. Ketiga, kepada pengurus baru yang dikukuhkan hari ini agar dalam penyusunan rencana program/kegiatan harus berdasarkan pada visi dan misi Kabupaten Manggarai.

Acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh Asisten III, Camat Langke Rembong, Pimpinan Perangkat Daerah/yang mewakili, Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai beserta jajarannya, dan anggota DWP dari setiap perangkat daerah Lingkup Pemkab Manggarai.

-Tim Prokompim