Sekda Matim Membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Pemerintah Desa 2020

Daerah

Borong, SorotNTT.Com- Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Boni Hasudungan Siregar, secara resmi membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Pemerintah Desa Tingkat Kabupaten Manggarai Timur, di Borong, Selasa (17/10/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan OPD, Camat Se-Kabupaten Manggarai Timur, Kepala Desa dan Ketua BPD Se-Kabupaten Manggarai Timur.

Adapun tujuan kegiatan ini meliputi pelaporan dan pengevaluasian hasil kerja Kepala Desa Se-Kabupaten Manggarai Timur Tahun Anggaran 2020, serta pengusulan rancangan-rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2021, sebagai bahan pertimbangan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur melalui Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Dalam sambutan Wakil Bupati Manggarai Timur, yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Boni Hasudungan menjelaskan Rapat koordinasi ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kapasitas pemerintah desa serta menjadi ajang untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah dijalankan.

Selain itu, Rapat koordinasi ini dijadikan sebagai momentum dialog antara Kepala Desa dan BPD dengan pimpinan OPD tingkat Kabupaten demi terciptanya kesamaan pemahaman tentang konsep-konsep pembangunan Desa.

Selanjutnya, Boni juga menyampaikan penyelenggaraan pembangunan dengan perspektif “”Desa Membangun” masih terbatas oleh karena kualitas tata kelola dan kapasitas Pemerintah Desa, Anggota BPD dan masyarakat masih kurang.

“ Kapasitas desa dalam menyelenggarakan pembangunan dengan perspektif “Desa Membangun” disadari masih memiliki keterbatasan. Keterbatasan itu tampak dalam kapasitas Aparat desa, Anggota BPD, dan masyarakat, kualitas tata kelola lembaga kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat serta Tata Kelola Ekonomi Lingkungan.” Jelasnya.

“Sebagai dampaknya, kualitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian serta pemanfaatan kegiatan pembangunan Desa kurang optimal dan kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.” Lanjut Boni Hasudungan.

Mengakhiri sambutannya, Boni Hasudungan mengajak seluruh Pemerintah Desa Se-Kabupaten Manggarai Timur untuk mengembangkan  ekonomi lokal dan kewirausahaan, baik dalam hal usaha masyarakat maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta meningkatkan kapasitas Produk Unggulan Desa. Selain itu, Pemerintah Desa juga diharapkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia demi menggerakkan dan mengembangkan perekonomian desa.


Manggaraitimur/MC/Angelino Menggot