Serah terima Pamsimas di Compang Deru

Serah Terima Pekerjaan Pamsimas di Desa Compang Deru

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT.com – Program Pamsimas adalah salah satu program andalan pemerintah dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat.

Sejak program Pamsimas mulai dilaksanakan pada tahun 2008 hingga akhir tahun 2015, telah menunjukkan adanya dampak positif bagi masyarakat desa. Sebagai program stimulan dengan pendekatan berbasis masyarakat, program Pamsimas menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan sekaligus sebagai penanggung jawab pelaksanaan kegiatan.

Program Pamsimas kembali akan dilaksanakan pada tahun 2016-2019 yang merupakan kelanjutan program Pamsimas 2008-2015, sebagai instrumen pelaksanaan dua agenda nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan, yaitu (1) 100%-100% akses air minum dan sanitasi, dan (2) sanitasi total berbasis masyarakat.

Desa Compang Deru adalah salah satu desa yang mendapatkan program Pamsimas tahun 2019. Atas kerja sama berbagai pihak program tersebut telah selesai dilaksanakan, pada hari Kamis (2/5/2019) dilaksanakan serah terima pekerjaan dari Tim Pendamping yang dipimpin oleh Robertus Ampat kepada Pemerintah Desa Compang Deru, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur.

“Pelaksanaan kegiatan pembangunan Pamsimas di Desa Compang Deru sudah sesuai dengan aturan yang telah  ditetapkan, tinggal menambah sedikit di administrasi dan pembukuan terutama Peraturan Desa sebagai payung hukumnya dan diharapkan untuk penambahan jaringan untuk tahun depan,“  tutur Robertus di sela-sela kegiatan.

Kepala Desa Compang Deru, Vitalis Danis juga menambahkan jika Desa Compang Deru masuk dalam kategori desa stunting sehingga masyarakat Desa Compang Deru sangat mengharapkan hadirnya program Pamsimas.

“Program Pamsimas ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat Desa Compang Deru terutama kampung Langkas dan Golo Cering, karena setiap musim kemarau dua kampung tersebut selalu kekurangan air bersih,” jelas Vitalis.

Acara serah terima tersebut dihadiri oleh Tim Fasilitator Kecamatan, Robertus Ampat, Kepala Desa Compang Deru, Vitalis Danis dan jajaran, Ketua BPD Desa Compang Deru, Blasius Ance, dan perwakilan UPTD Puskesmas Benteng Jawa.

Laporan: Dodi Hendra