Setelah Menuai Polemik, Akhirnya Disnakertrans Matim Berhasil Memediasi Antar Pihak CV. Oase dan Tenaga kerja

Daerah Flores

Borong, Sorotntt.com- Setelah menuai polemik akhirnya Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Manggarai timur berhasil memediasi antara pihak CV. Oase dan para pekerjanya pada Senin (01/03/2021) bertempat di kantor Disnakertrans.

Pantauan media ini, Mediasi berjalan alot, akan tetapi pihak Disnakertranstrans Matim dapat menyelesaikanya dengan aman dan damai, juga disaksikan oleh beberapa orang anggota Kepolisian dari Polres Matim.

Pada akhirnya pihak CV. Oase bersedia membayar  upah para pekerja tersebut, dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelunasan upah tenaga kerja.

Dihadapan tim mediasi dari Disnakertrans dan Pihak Kepolisian dari Polres Matim, Karolus Ndoi Djewaru, staf administrasi dan penanggung jawab lapangan CV. Oase menyatakan bersedia membayar upah tenaga kerja.

“Saat ini juga, Kami siap membayar upah tenaga kerja demi kemanusiaan secara tunai agar tidak mengecewakan para pekerja serta sebagai bentuk tanggung jawab kami karna sudah terpasang Tembok Penahan Tanah(TPT) dilapangan, walaupun itu tidak ada anggaranya”, Ujar Karolus.

Jujur persoalan ini sebenarnya antara saudara Agus dan para pekerja, semuanya telah disampaikan ketika terjadi mediasi tadi, tetapi kami juga manusia, yang berpikir tentang kondisi dari saudara kita yang telah bekerja.

Kamipun bersepakat untuk lakukan pembayaran dengan nominal yang telah disepakati tadi dan ini semua kami sepakati dengan iklas dan tanpa ada paksaan, tutur Karolus.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Matim Drs. Aufridus Jahang usai melakukan mediasi  mengatakan, Setelah dilakukan pembuatan berita acara kesepakatan antara pihak CV. Oase dan tenaga kerja itu artinya persoalan tersebut telah selesai dan tidak ada lagi polemik kedepannya.

“Pihak CV. Oase sudah memberikan upah dari tenaga kerja, itu artinya persolan ini sudah selesai. Marilah kita saling berdami karena kita sama-sama mencari makan dan menafkahi keluarga”,Kata Aufridus.

Lanjutnya, proses pembayaran harian orang kerja (HOK) oleh pihak  Cv. Oase disaksikan langsung pihak Disnakertrans, serta didampingi aparat kepolisian dari Polres Manggarai Timur.

“Semua proses pembayarannya, dibuktikan dengan surat berita acara yang ditandatangani oleh pekerja, CV Oase, Kepolisian Manggarai Timur,” tutup Afridus.

Laporan : Dodi Hendara