SMA Negeri 2 Macang Pacar Gelar Beberapa Lomba Hardiknas 2021

Daerah

Labuan Bajo, Sorotntt.com, – Menyambut semarak peringatan hari pendidikan Nasional (Hardiknas) yang ke 74, peserta didik SMA Negeri 2 Macang Pacar, Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat NTT mengikuti berbagai rangkaian kegiatan perlombaan yang digelar selama tiga hari sejak tanggal 28-30 April 2021.

Diketahui, Kegiatan perlombaan bagian dari keterampilan peserta didik itu sendiri.

Semangat literasi pada peserta didik SMA Negeri 2 Macang Pacar sudah mulai tumbuh subur di bumi Manggarai Barat NTT.

Literasi merupakan strategi mencerdaskan kehidupan bangsa. Membaca dan menulis hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia begitu pula keterampilan lain peserta didik sebagai pelopor masa depan.

Ada pun perlombaan yang dilaksanakan antara lain ; Lomba Menulis Opini, Cipta Puisi, vokal grup, vokal tunggal, bermain bola voli dan kegiatan lainnya disukai peserta didik.

Kegiatan perlombaan berjalan dengan lancar dan untuk membaca juara lomba dan menyerahkankan hadiah diberikan setelah upacara bendera Hari pendidikan Nasional selesai.

Tibalah puncak acara upacara hari pendidikan Nasional sebenarnya dilaksanakan Minggu, 2 Mei 2021 namun dilaksanakan Senin, 3 Mei 2021 di halaman SMA Negeri 2 Macang Pacar.

Berdasarkan hasil rapat Rabu, 21 April 2021 kepala sekolah bersama Bpk / ibu guru juga pegawai SMA Negeri 2 Macang Pacar memutuskan upacara bendera dilaksanakan dengan memperhatikan protokoler kesehatan, seperti cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak saat mengikuti upacara bendera.

Kepala SMA Negeri 2 Macang Pacar Felisianus Jemarus, S.Pd, dalam sambutanya menyampaikan bahwa “Keterampilan merupakan kemampuan dasar yang melekat dalam diri peserta didik, yang kemudian dilatih, diasah, serta dikembangkan secara terus menerus dan berkelanjutan guna menjadikan kemampuan peserta didik menjadi kreativitas nantinya. PungkasNya

Lanjut Felisianus, Keterampilan bisa mengalami perkembangan, atau peningkatan dengan proses belajar atau didasari dengan beragam ilmu. Jika awalnya merasa tidak ada keterampilan, tetapi terus dilatih, diasah, serta dikembangkan kemudian seiring berjalannya waktu akan memunculkan keterampilan yang berkembang melalui proses belajar.

Begitu juga sebaliknya, apabila di dalam diri manusia memiliki keterampilan yang potensial, tetapi tidak dikembangkan atau dibiarkan begitu saja, sehingga akan terjadi kemungkinan bahwa keterampilan dalam diri seseorang tersebut akan berkurang.

Keterampilan merupakan bagian dari aspek pendidikan untuk kemudian ditumbuh kembangkan kreativitas peserta didik yang memiliki talenta. Ujar Felisianus

Kepala SMA Negeri 2 Macang Pacar juga berpesan, peringatan hari pendidikan Nasional kali ini memang berbeda dari tahun sebelumnya. Semoga kita semua diberikan kesehatan, dan semangat agar bisa lalui masa sulit ini. Saat ini kita sedang lalui banyak krisis pandemi Covid-19.

“Bapak dan ibu guru, pegawai juga peserta didik yang saya banggakan, kita sebagai masyarakat yang melayani kita sebagai generasi penerus harus belajar betapa pentingnya kebersihan, betapa pentingnya kita mengimplementasikan norma-norma kemanusiaan di dalam masyarakat kita, timbulnya empati, timbulnya solidaritas di tengah masyarakat kita pada saat pandemi Covid-19 ini merupakan suatu pembelajaran yang harus kita kembangkan. Belajar memang tidak terlalu mudah, tetapi saat ini kita berinovasi, inilah saatnya kita mendengarkan hati dan belajar dari Covid-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik dimasa depan”. TutupNya

Penulis : Hironimus Deo, S.Pd.
Penggerak Literasi SMAN 2 Macang Pacar.

Editor : Pedi Paty