SMK Negeri 1 Wae Ri’i Kabupaten Manggarai Mengadakan Sosialisasi Asesmen Nasional

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com-Dalam rangka persiapan menghadapi Asesmen Nasional 2021, SMK Negeri 1 Wae Ri’i Kabupaten Manggarai mengadakan In House Traning (IHT) Sosialisasi AKM, Survey karakter dan Survey Lingkungan Belajar yang dilakanakan pada tanggal 08-09 Januari 2021 bertempat di Aula SMKN 1 Wae Rii.

IMG-20210816-WA0106

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan melatih para Guru terkait soal-soal AKM agar bisa mempersiapkan secara baik para siswa yang akan mengikuti Asesmen Nasional berlangsung pada Maret 2021 mendatang.

hut17_matim.jpeg

Narasumber kegiatan IHT tersebut adalah Bapak Ir. Maksi Gurang, M.Pd selaku pengawas pembina SMK Provinsi NTT. Dalam paparannya beliau menyampaikan banyak hal terkait Asesmen Nasional.

Ada 3 bagian dalam asesmen nasional yang diujikan, meliputi:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yakni mengukur capaian literasi (bahasa) membaca dan numerasi (matematika) sebagai hasil belajar kognitif
  2. Survei Karakter, yaitu mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nlai sebagai hasil belajar nonkognitif atau sosial emosional, seperti iman dan takwa kepada Tuhan, akhlak mulia, kebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif
  3. Survei Lingkungan Belajar, adalah mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang
    Asesmen Nasional mengukur dua macam literasi yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Keduanya dipilih karena merupakan kemampuan atau kompetnsi yang medasar dan diperlukan oleh semua siswa, terlepas dari profesi dan cita-citanya dimas depan. Literasi dan numerasi juga merupakan kompetensi yang diperlu dikembangkan secara lintas mata pelajaran.
    Asesmen Nasional juga mengukur karakter siswa karena Asesmen nasinal bertujuan tidak hanya memotret hasil belajar kogntif siswa namun juga memotret hasil belajar sosial emosional, diharapkan dapat memotret sikap, nilai, keyakinan serta perilaku yang dapat memprediksi tindakan dan kinerja murid diberbagai konteks yang relevan
BACA JUGA:  Diduga Karena Arus Pendek,1 Unit Toko di Persimpangan Noa Ludes Terbakar

Kaitan antara asesmen nasional dengan kurikulum adalah Asesmen Nasional mengukur kompetnsi mendasar yang dapat diterapkan secara luas dalam segala situasi.

Kompetensi mendasar ini perlu dipelajari oleh siswa dan sekolah sehingga dibangun melalui pembelajaran beragam materi kurikulum lintas matapelajaran. menggeser fokus dari keluasan pengetahuan menuju kedalaman kompetensi dari kurikulum.

Asesmen Nasional dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, yang dirancang untuk menghasilkan informasi akurat dalam memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Asesmen nasional bertujuan untuk menujukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah yakni pengembangan kompetensi dan karakter siswa

Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidik tingkat dasar dan menengah diindonesia serta program kesetaraan yang dikelola PKBM.

BACA JUGA:  Momentum HUT RI Sembari Menoreh Keberhasilan Pembangunan VBL-JNS di NTT

Disetiap satuan pendidikan Asesmen nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII dan XI yang dipilih secara acak oleh pemerintah.

Untuk program kesetaraan asesmen nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik pada tahap akhir program belajarnya.

Selain peserta didik, Asesmen nasional juga akan diikuti oleh guru dan kepala sekolah disetiap satuan pendidikan diharapkan dapat memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar disetiap satuan pendidikan.

Asesmen nasional tidak menggantikan peran UN (Ujian Nasional) dalam mengevaluasi prestasi siswa atau hasil belajar siswa secara individual. Namun Asesmen Nasional menggantikan peran UN sebagi sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan.

Jadwal pelakasanaan AKM, survey karakter dan survey lingkungan belajar, yaitu pada bulan Februari tahun 2021 untuk kelas XII bertujuan untuk pengakuan kompetensi dan yang ikut hanya peserta didik yang memerlukan.

Minggu ketiga bulan maret tahun 2021 jadwal kelas IX Untuk semua satuan Pendidikan, dengan sampling di level peserta didik dan hasilnya akan dirilis bulan oktober 2021.

Sesi akhir kegiatan tersebut berdiskusi tentang strategi yang dilakukan oleh SMKN 1 Wae Rii dalam mengahadapi Asesmen Nasional 2021.

BACA JUGA:  Jajaran Polres Manggarai Barat Rutin Laksanakan KRYD PPKM Level 3

Pertama, semua guru matapelajaran menyusun soal AKM minimal dua soal kemudian digabung lalu diuji validitasnya dengan memilih soal-soal berfokus pada kompetensi yang lebih luas atau High-Order Thingking Skill (HOTS), lalu diuji cobakan pada siswa kelas XI yang rencananya bulan Februari 2021,

Kedua, sekolah menfasilitasi pengembangan  budaya literasi secara menyeluruh dalam artian tidak hanya mendorong terkait  membaca dan menulis melainkan mengembangkan literasi informasi, teknologi, numerasi, dan digital.

Dalam kegiatan itu turut hadir Bapak Fransiskus B.Hormat, S.Pd selaku Pengawas Pembina SMKN 1 Wae Rii sekaligus Koordinator pengawas DIKMEN Kabupaten Manggarai.


(Ferdianus Tahu, S.Pt)

hut17_fansi.jpeg hut17_sil.jpeg hut17_osi.jpeg hut17_yeni.jpeg hut17_domi.jpeg hut17_sma2pacar.jpeg hut17_smpn1pacar.jpeg hut17_manong.jpeg hut17_jon.jpeg