Tahun 2020 Pemkab Manggarai Dapat Bantuan Satu Unit BTS USO Lastmile Dari BAKTI KOMINFO

Daerah

Ruteng – Tahun 2020 Kabupaten Manggarai akan mendapatkan bantuan satu unit Based Transceiver Station (BTS) Universal Service Obligation (USO) dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

Hal tersebut mengemuka saat kegiatan Design Review Meeting (DRS) yang dilaksanakan secara daring oleh BAKTI Kominfo, diikuti penyedia operator seluler, perusahaan penyedia dan PMU BTS Lastmile.

Kegiatan ini juga diikuti 11 kabupaten lainnya di Indonesia diantaranya, Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Halmahera Timur, Kepulauan Mentawai, Lampung Barat, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Nias Selatan, Pesisir Selatan, Seluma dan Kabupaten Manggarai Barat, bertempat di kantor Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai, Kamis 26 November 2020.

Dalam kegiatan ini dibahas tentang kesiapan daerah penerima bantuan pembangunan BTS USO blangkspot di 55 lokasi di Indonesia pada tahun 2020 serta pembacaan Berita Acara Design.

Kepala Bidang Informasi Publik pada Dinas Kominfo Manggarai Metodius Santosa Jemat, ST menerangkan, untuk Kabupaten Manggarai daerah yang diusulkan yakni di Desa Robek Kecamatan Reok yang merupakan daerah yang hingga kini belum menikmati jaringan seluler atau dikategorikan sebagai Blankspot Area

“Kegiatan survei sudah dilakukan pada akhir bulan Oktober 2020 oleh tim pengembang dari P.T Pola Penawar Bangun Semesta yang diwakili Pa Mahadi,”ungkap Jemat.

Dijelaskan Metodius Jemat, survei dilakukan untuk memastikan ketersediaan lokasi dan lokasi dimaksud tidak masuk dalam kawasan konservasi dan kawasan hutan lindung

“Sesuai rencana pembangunan BTS akan segera dimulai dan diperkirakan selesai akhir bulan Desember 2020 dan akan langsung dimanfaatkan,” ujarnya.

Metodius menuturkan, tahun 2021 pemkab Manggarai juga mendapatkan bantuan serupa yakni BTS USO dari BAKTI Kominfo “Lokasinya belum ditetapkan karena harus melalui tahapan survey untuk studi kelayakan pembangunan,”tuturnya.

Sementara itu staf BAKTI Kominfo Fairuz Aldjufri menjelaskan, pembangunan BTS USO milik BAKTI Kominfo akan dilaksanakan secara sharing dengan pembagian tugas dan tanggungjawab masing-masing, di mana BAKTI menyediakan tower, sholar pannel dan Vsat/transmisi.

Selain itu lanjut Aldjufri, Operator seluler menyediakan layanan komunikasi atau infrastruktur jaringan dan Pemerintah Daerah menyediakan lahan dan dokumen pendukungnya dengan memperhatikan ketentuan Permendagri nomor 19 tahun 2016 tentang pengelolaan barang milik daerah (BMD), memfasilitasi percepatan penerbitan surat ijin mendirikan bangunan (IMB) dan perijinan lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Manggarai Dra.Venidiana Wanggut, Kabid Informasi Publik Metodius Santosa Jemat, ST, Kabid PPTSP Siprianus Ngaca, SE serta sejumlah staf di Dinas Kominfo Manggarai. (ars)