Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Prajurit TNI Gelar Upacara Bendera di SD Perbatasan RI-PNG

Nasional

Merauke, SorotNTT.com – Guna menanamkan jiwa nasionalisme pada murid-murid sekolah yang berada di perbatasan RI-PNG, Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad menggelar Upacara Bendera hari Senin di SD Inpres Bupul 13, Kampung Kirelly, Distrik Ulilin, Kab. Merauke, Papua, (18/11/2019).

Bertindak sebagai petugas upacara adalah personel Pos Bupul 13 Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad, yang dipimpin oleh Letda Inf Yusri Khoirudin selaku Komandan Pos. Para peserta upacara terdiri dari para Dewan Guru dan siswa-siswi SD Inpres Bupul 13 yang berjumlah 30 orang.

Ada dua hal yang disampaikan oleh Letda Inf Yusri selaku Inspektur Upacara. Pertama, melalui Upacara Bendera hari Senin mengajak seluruh peserta upacara untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kedua, dapat menjadi pribadi yang disiplin agar cita-cita yang diinginkan tercapai.

Ditempat terpisah, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., mengatakan bahwa melalui Upacara Bendera hari Senin, diharapkan akan membangun karakter pada diri para pelajar yang berada di daerah perbatasan.

“Sudah menjadi tugas kita sebagai Satgas Pamtas yang memiliki daerah binaan teritorial, harus mampu memberikan contoh dan teladan positif bagi masyarakat. Hal ini merupakan salah satu program Satgas agar kehadirannya dapat membawa perubahan nyata di wilayah tugasnya,” ujarnya.

Ditemui usai Upacara Bendera, Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 13 Ibu Ona Bernandus, S. Pd.K., menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel TNI Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad, dalam hal ini Pos Bupul 13 yang telah menyelenggarakan Upacara Bendera hari Senin di sekolahnya.  “Mudahan-mudahan dengan dilaksanakannya upacara pada hari ini akan meningkatkan jiwa nasionalisme para siswa,” harapnya.

“Dengan adanya Bapak-bapak TNI dari Satgas, membuat murid-murid sangat berantusias dan semangat dalam belajar dan berangkat sekolah tepat waktu,” katanya.

Autentikasi :
Pasi Intel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad, Lettu Inf Asep Saepudin