Teluk Nanga Lok di Manggarai Timur Sungguh Instagramable

Daerah

Borong, SorotNTT.com—Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu daerah yang kaya akan wisatanya. Kota Borong sebagai Ibukota Kabupaten Manggarai Timur memang selalu populer dengan Danau Rana Mese, Danau Rana Masak, Pantai Nanga Rawa, Pantai Mbolata, Pantai Cepi Watu, persawahan yang berbentuk terasering, dan banyak lagi tempat wisata lain yang sangat indah yang tersebar di daerah-daerah pedesaan di Kabupaten Manggarai Timur.

Ragam pesona yang rupawan ini mulai dari pantai, budaya, bahari, sejarah dan teluk yang indah hingga sampai dataran tingginya semuanya sungguh memanjakan mata.

Salah satu destinasi wisata yang tak kalah populernya di wilayah Kabupaten Manggarai Timur adalah ‘Teluk Nanga Lok’. Teluk Nanga Lok merupakan sebuah teluk yang terletak di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Keindahan teluk Nanga Lok menawarkan sejutah keindahan mulai dari udaranya yang segar, air lautnya yang jernih berwarna biru, juga barisan bukit di bagian timur serta bukit kecil yang bertengger di sisi barat teluk itu semakin menghipnotis. Siapa pun yang datang ke sini akan disajikan indahnya pemandangan alam.

Hamparan hijau pohon bakau dan juga rumput-rumput yang bertumbuh basah serta berjejer rapi di sepanjang kurang lebih dua kilo meter di pinggir kiri dan kanan Teluk Nanga Lok semakin melengkapi pemandangan indah di sana. Riak ombak tidak terdengar di teluk Nanga Lok. Air lautnya sangat jernih dan tenang. Suasana hening begitu terasa di sana. Teluk Nanga Lok sungguh sangat Instagramable.

Salah seorang pengunjung Iyand Ata Rangga kepada media ini Jumat (12/02/2020) mengaku senang dan bangga dengan keindahan teluk Nanga Lok.

Teluk ini, kata Iyand, memiliki keindahan yang sungguh memanjakan mata selain airnya yang biru dan tenang , savana yang membentang luas di perbukitan sekitar ditambah dengan pohon bakau yang hijau di sepanjang teluk membuat mata seakan-akan tak mau berkedip.

“Berada di tempat ini saya merasa menemukan surga yang menghampar diantara perbukitan. Tempat ini sungguh sangat menakjubkan”, katanya.

Wisatawan juga dapat menemukan banyak spot foto yang sangat menarik di teluk Nanga Lok. Latar foto di sana pastinya sangat indah.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini akan membutuhkan perjalanan yang jauh dan cukup melelahkan dengan jarak sekitar 100 lebih kilometer (KM). Namun jalan menuju destinasi wisata ini sangat bagus dan mulu.

Untuk Anda yang ingin berwisata kesana, disarankan mengikuti jalur Borong-Ruteng-Reo. Sesampai di Reo Anda belok kanan mengikuti jalan Reo-Nampar Sepang dengan jarak sekitar 10 lebih kilo meter (KM).

Meskipun perjalanan yang jauh dan melelahkan, namun Anda akan dimanjakan dengan keindahan pohon-pohon yang hijau . Selain itu Anda juga akan melihat perbukitan dan gunung yang indah ketika Anda melewati perjalanan ini.

Pengunjung harus tetap mematuhi pada protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan selalu menjaga jarak.

Penulis: Mulia Donan