Teno Luwuk: Kami Bingung Dengan Kehadiran Orang Yang Tidak Berkepentingan Bersama Tim Geologi

Daerah

Borong, SorotNTT.com-Sekarang ini Tim Badan Geologi  Kementerian Energi dan Sumber Daya Meneral(ESDM) Republik Indonesia sedang melakukan penelian di wilayah Kabupaten Manggarai Timur.

Awalnya Tim Badan Geologi ini mengunjungi kampung Lengko Lolok dan Luwuk, Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, (Matim) Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 22 September 2020.

Kehadiran Tim Badan Geologi dikedua kampung tersebut untuk menyampaikan niat mereka bahwa akan melakukan penelitian selama satu minggu diwilayah tersebut dengan jumlah personil sebanyak 17 orang yang diketuai oleh Tantan Hidayat.

Teno Kampung Luwuk ketika dimintai pendapatnya oleh media ini Kamis 24 September 2020 menyampaikan bahwa masyarakat kampung luwuk sangat bersyukur dengan kehadiran Tim Badan Geologi ini, untuk melakukan penelitian ditempat kami.

Hanya yang kami merasa bingung, kehadiran dari berbagai pihak lain  yang hadir mengikuti Tim Badan Geologi ini.

Apa kapasitas mereka, dan apa peran mereka juga, kelihatanya mereka itu sibuk sekali untuk mengikuti Tim Geologi ini.

Kami warga kampung Luwuk serta pemilik lahan disini baik yang pro maupun kontra , yang berhak mendampingi mereka, karena ini tanah kami.

Kemarin waktu Tim Geologi datang dirumah Gendang, yang hadir itu ada Pemerintah Kabupaten dan Desa,Pihak Perusahaan, anggota Justice, Peace, and Integrity Of Creation(JPIC), dan Orang Muda Katolik(OMK) Paroki Reok.

Sebagai masyarakat biasa kami sangat menghormati Tim Geologi ini, karena yang datang ini orang-orang yang profesional dibidangnya, mereka itu ahli, masa harus diikuti terus.

Menurut kami orang Luwuk, biarkan Tim dari Badan Geologi ini bekerja apa adanya, sesuai keahlian mereka, bukan selalu diikuti, apalagi memberi tekanan.

Saya mengharapkan kedepan jangan ada lagi orang atau kelompok tertentu yang berbuat demikian, karna itu dapat menggangu kerja Tim Badan Geologi tersebut.

Untuk diketahui kehadiran Tim Badan Geologi akan melakukan penyelidikan terkait Kegeologian seperti pemetaan penyebaran batu gamping, pemetaan identifikasi, indikasi keberadaan Eksokarst dan Endokarst, seperti yang disampaikan oleh ketua Tim Tantan Hidayat, saat di mintai pendapatnya oleh media ini beberapa waktu lalu.

“Kita akan melakukan penyelidikan, pemetaan sebaran batu gamping, kemudian pemetaan identifikasi, indikasi keberadaan Eksokarst dan Endokarst, Ungkap Tantan.

Lebih lanjut Tantan menyampaikan timnya akan melakukan penyelidikan selama 7 hari, setelah itu akan ada tim lain lagi yang akan turun ke lokasi untuk melakukan penelitian terkait Mikro Geologi Karst. 

Untuk tim yang ada saat ini mungkin ada satu Minggu ke depan, Berikutnya ada tim lagi yang akan datang terkait dengan Mikro Geologi Karst.

Selain itu tim badan geologi ini juga akan melakukan geolistrik untuk menduga permukaan, pendugaan Geolistrik juga akan divalidasi dengan pengeboran.