Termasuk Matim, di NTT Hanya 3 Kabupaten yang Melaksanakan Vaksin untuk anak usia 6-11 tahun dan Vaksin Booster

Daerah Manggarai Timur
Bupati Matim,Agas Andreas, SH, M.Hum melaksanakan pemantauan pelaksanaan vaksin sambil berbincang dengan anak-anak (Foto:Ist)

Borong,Sorotntt.com-Berdasarkan surat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: SR.02.06/11/65/2022 tanggal 4 Januari 2022, Kabupaten Manggarai Timur adalah salah satu kabupaten yang cakupan vaksinasi dosis 1 telah melebihi 70% dan vaksin untuk lansia telah melebihi 60%. Untuk itu,maka bersama Kabupaten Manggarai Barat dan Lembata, Kabupaten Manggarai Timur dapat melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Pencanangan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 tahun tingkat Kabupaten Manggarai Timur, dilaksanakan pada Jumat (14/01/22) oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH, M.Hum, yang didampingi oleh Kapolres Manggarai Timur, AKBP Nugroho.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur dan didukung oleh Polres Manggarai Timur dan Koramil 1612-04 Borong.


Untuk kegiatan pencanangan ini, melibatkan 6 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Borong. Vaksin yang digunakan adalah CoronaVac dan Sinovac yang dinilai aman pada anak usia 6-11 tahun dan dapat ditoleransi dengan baik.

BACA JUGA:  Kapolda NTT Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Anak

Dalam sambutannya, Bupati Agas menyampaikan, pentingnya vaksinasi untuk anak dan bahwa,semua pihak terutama orang tua harus memberikan pemahaman dan keyakinan kepada anak-anak tentang pentingnya vaksinasi Covid-19.

“Anak-anak adalah komunitas yang paling rentang terhadap bencana, termasuk bencana non-alam, seperti Covid-19. Saya berharap orang tua mendukung pelaksanaan vaksin ini dengan memberikan informasi kepada anak mengenai pentingnya vaksin. Orang tua juga sebaiknya mendampingi anak-anak pada saat pelaksanaan vaksin, sehingga memberikan kenyamanan pada anak. Anak-anak yang nyaman akan memudahkan petugas pada saat proses vaksinasi. Anak nyaman petugas aman.”ujar Bupati Agas

Pada kesempatan ini juga,Bupati Agas memberikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan yang telah bekerja maksimal,sehingga cakupan vaksinasi Matim bisa melampaui target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan dan mendapatkan vaksinasi untuk anak dan vaksin booster.

BACA JUGA:  Pemuda Desa Compang Deru Melaksanakan Mubes Pertama

“Di NTT, hanya 3 Kabupaten yang melaksanakan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun dan vaksin booster yaitu Matim, Mabar dan Lembata. Ini adalah hasil kerja keras seluruh jajaran Pemda dalam hal ini Dinkes yang didukung oleh masyarakat Manggarai Timur secara keseluruhan. Nah,untuk itu saya minta kepada tenaga kesehatan untuk tetap ramah dan melayani masyarakat khususnya anak-anak dengan keramahan dan kelemahlembutan. Mereka adalah anak-anak kita, jangan sampai mereka takut kepada tenaga kesehatan dan akhirnya tidak mau divaksin,”ucapnya.

Bupati Manggarai Timur bersama Kapolres dan pimpinan Perangkat Daerah yang hadir selanjutnya melaksanakan pemantauan pelaksanaan vaksin sambil berbincang dengan anak-anak dan orang tua yang hadir.

BACA JUGA:  Adanya Covid-19, Turnamen Manggarai Malang Cup III di Berhentikan Sementara.


Pada kesempatan ini juga diserahkan Piagam Penghargaan kepada SDK St. Eduardus yang dinilai berhasil menerapkan Protokol Kesehatan 3T (testing, tracing, treatment) dengan baik.