Tim Geologi Kembali Lakukan Penelitian di Luwuk dan Lengko Lolok

Daerah

Borong, SorotNTT.Com-Tim GeologiĀ  Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral(ESDM) kembali melakukan penelitian di Kabupaten Manggarai Timur umumnya dan khususnya di wilayah Luwuk dan Lengko Lolok,Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Minggu(4/10/2020).

Ketua tim Geologi ini, DR.Taat Setiawaan, ketika dikonfirmasi media SorotNTT.Com menyampaikan, bahwa betul kami sudah sejak hari minggu melakukan penelitian di sini(Luwuk dan Lengko Lolok).

DR. Taat Setiawan, juga menjelaskan bahwa penelitian dilakukan sekitar 10 hari lamanya, dengan jumlah tim sebanyak 4 orang, dan kami basecampnya di Reo.

Setelah melakukan penelitian di Luwuk dan Lengko Lolok, selanjutnya kami akan pindah ke Ruteng untuk meneliti bagian hulunya.

Tujuan penelitian ini yaitu khusus untuk meneliti hidrogeologi atau air tanahnya.

Meliputi observasi lapangan terhadap mata air,  pengukuran debit,  pengukuran sifat kimia, sifat fisika mata air,  dan pengambilan contoh air untuk analisis hidrokimia dan isotop air.

Hal tersebut berguna untuk mengetahui sistem hidrogeologi atau sistem air tanahnya; termasuk dari mana air tersebut berasal serta bagaimana upaya konservasinya,jelas DR Taat Setiawan pula.

Penelitian terutama difokuskan pada mata air atau sumber air di sekitar IUP (daerah Luwuk dan sekitarnya), kemudian diperluas secara regional di perluas sampai dengan bagian timur Kabupaten Manggarai Timur, dan juga pada mata air di daerah pegunungan (bagian hulu) untuk mengetahui hubungan antara mata air di bagian hilir dengan di bagian hulu, tutup DR.Taat Setiawan.

Untuk diketahui penelitian Tim Geologi ini merupakan kelanjutan dari kunjungan Tim Geologi yang pertama tepatnya 22 September 2020, yang juga melakukan penelian di wilayah Luwuk dan Lengko Lolok, dengan jumlah tim 17 orang dan diketuai oleh Tantan Hidayat.