Tim Surveior Akreditasi, Kunjungi Puskesmas Wukir

Borong, SorotNTT.com-Tim Surveior Akreditasi FKTP kembali berkunjung ke Puskesmas Wukir yang berada di Desa Sangan Kalo, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Flores-Nusa Tenggara Timur,(NTT).

Kegiatan yang dihadiri oleh Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur tersebut berlangsung selama tiga (3) hari, terhitung sejak tanggal 29 Juli 2019 hingga 02 Agustus 2019 di Puskesmas Wukir.

Dalam Sambutanya Ibu Regina Malon  Selaku Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur pada acara pembukaan kegiatan survei akreditasi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama –red) Puskesmas Wukir, Mengucapkan  Selamat Datang  kepada Tim Surveior Akreditasi dari Kemekes RI.

“Salah satu sasaran pembangunan kesehatan Indonesia adalah meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan  terutama di daerah terpencil ,tertinggal, dan perbatasan,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah telah menetapkan arah kebijakan Nasional dengan Program Indonesia Sehat melalui  penguatan terhadap pelayanan kesehatan dengan meningkatkan akses terhadap sarana dan prasarana.

BACA JUGA:  Jalan Rusak Bertahun-tahun Tak Kunjung Diperbaik, Warga di Kabupaten Manggarai Tanam Pohon Pisang

 “Di Kecamatan Elar selatan akses terhadap fasilitas kesehatan sudah ada 4 Puskesmas induk yaitu, Wukir, Lempang Paji, Mamba dan Runus. Sedangkan  terhadap sumber daya kesehatan ada 3 puskesmas di Elar Selatan mendapat tenaga nusantara sehat, dan terhadap peningkatan program mutu melalui akreditasi FKTP yang saat ini di lakukan Survei dari Kemenkes RI,” imbuhnya.

Masih kata Regina Malon, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur terdiri dari 29 Puskesmas dan 25 Puskesmas sudah Teregistrasi di Kementrian RI, 4 Puskesmas Pembangunan baru 2018 diantaranya; Puskesmas Peot, Puskesmas Lenang, Puskesmas Kisol, dan Puskesmas Runus, masih dalam proses registrasi.

Dari 25 Puskesmas yang sudah  teregistrasi ,ada 10 yang sudah mendapat akreditasi diantaranya akreditasi utama yaitu Puskesmas  Borong dan Puskesmas Mano.

Selain itu, lanjutnya, Akreditasi Madia yaitu Puskesmas Elar, Puskesmas Benteng Jawa dan Puskesmas Lawir. Sedangkan akreditasi dasar diantaranya Puskesmas Sita, Puskesmas Wae Lengga, Puskesmas Mukun, Puskesmas Watu Nggong dan Puskesmas Pota. 

BACA JUGA:  Santainya Julie Laiskodat Saat Berkunjung ke Caffe Mane Ruteng

“Tanggal 29 Juli 2019 sampai 02 Agustus 2019 dapat jadwal survei akreditasi 2 puskesmas yakni Puskesmas Wukir dan Puskesmas Dampek,” tambahnya lagi.

Dia menambahkan, bulan November kita mendapat jadwal 5 Puskesmas untuk di lakukan survei akreditasi FKTP Yaitu Puskesmas Ketang, Puskesmas  Colol, puskrsmas Lengko Ajang, Puskesmas  Tilir dan Puskesmas Lalang.

Ia berharap,  Tahun 2020 nanti 12 Puskesmas yang belum terakreditasi bisa mendapatkan survei penilaian akreditasi, sehingga pada akhir Tahun 2020, dari 29 Puskesmas semuannya  terakreditasi.

“Akreditasi bukan merupakan tujuan akhir dari pelayanan mutu, melainkan alat ukur sejauh mana pelayanan bermutu itu telah diterapkan pada masing-masing Puskesmas. Sehingga dapat meningkatkan mutu dan kinerja Puskesmas yang berkesinmambungan melalui manajemen mutu, UKP, UKM dan Manajemen resiko atau keselamatan Pasien,”terangnya.

Lanjut Regina, dengan demikian standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan Kabupaten Manggarai Timur sebagai salah satu indikator kinerja Pemerintah daerah dapat tercapai guna terwujudnya masyarakat Manggarai Timur yang sejahtera, berbudaya dan berdaya.

BACA JUGA:  Jalan Kebebasan Elar Selatan

Sementara itu  Camat Elar Selatan, Stephanus Lamar menyampaikan sepenuhnya mendukung penuh adanya program akreditasi ini.

 “Dengan adanya akreditasi ini, maka pelayanan kesehatan bisa lebih baik lagi bagi masyarakat Elar Selatan,”imbuhnya.

Untuk diketahui, hadir pula tim pendamping survei akreditasi Puskesmas Wukir dari Dinas kesehatan yakni drg.Bartolomeus Hermopan, Dionisius Rahno,SKM M.Ling, Maria Dihung Kenari S,ST., Para Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama di wilayah itu.

Laporan : Lalong Ferdinandus