Serah terima Komandan Pangkalan TNI AL Maumere

Tongkat Komando Danlanal Maumere Resmi Berganti

Daerah Flores

KUPANG, SorotNTT.com – Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII (Danlantamal VII) Kupang Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H.  memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Maumere dari Kolonel Marinir Sumantri kepada Letkol Marinir Totok Nurcahyo di Marshalling area Mako Lantamal VII, Rabu (29/04/2019) kemarin.

Dalam sambutannya, Danlantamal VII Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H mengatakan, serah terima jabatan pada hakikatnya merupakan dinamika dari sebuah organisasi untuk terus bergerak maju agar menjadi semakin baik. Oleh karena itu, dengan adanya serah terima jabatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerja organisasi Lanal Maumere, serta akan muncul penyegaran ide-ide dan pemikiran kreatif serta inovatif.

Upacara sertijab Danlanal Maumere

Oleh karena itu, terhadap perwira yang dipercaya untuk mengemban tugas sebagai komandan pangkalan mutlak dituntut untuk mampu berperan secara optimal dan terus berupaya melakukan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan tugas. Banyak celah di perairan Flores, Lembata, dan Alor dari utara dengan Pulau Sulawesi, dari barat yaitu Sumbawa, dan dari timur dengan RDTL (Republik Demokrat Timor Leste) yang memungkinkan menjadi jalur imigran gelap dengan tujuan Australia, penyelundupan barang, pengeboman ikan dengan bahan peledak, dan kecelakaan laut. Untuk itu, dilaksanakan antisipasi dini serta koordinasi yang baik antar instansi terkait serta melaksanakan fungsi-fungsi pembinaan dengan mengedepankan langkah persuasif.

“Secara objektif harus kita akui bahwa upaya untuk lebih meningkatkan kinerja Lanal Maumere telah banyak dilakukan dan menghasilkan peningkatan yang positif. Untuk itu saya atas nama Pemimpin TNI AL Lantamal VII Kupang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kololonel (Mar) Sumantri atas dedikasi dan loyalitas serta pengabdian selama menjabat sebagai Komandan Lanal Maumere. Penghargaan yang sama juga saya sampaikan kepada Ibu Dwi Astuti Sumantri atas pengabdian dan kesetiaannya dalam mendampingi dan Mendukung suami selama penugasan di Lanal Maumere. Tak lupa saya ucapkan selamat bertugas di tempat kedinasan yang baru sebagai Dosen Sesko TNI. Tingkatkan terus prestasi kerja dan semoga pengalaman selama bertugas di Lantamal VII dapat menjadi bekal yang berharga untuk kedinasan yang selanjutnya.” kata Danlantamal VII.

Peserta upacara sertijab Danlanal Maumere

“Kepada Letkol (Mar) Totok Nurcahyanto, saya mengucapkan selamat atas jabatan yang baru. Jabatan yang saudara emban hakikatnya merupakan amanah sekaligus penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh TNI AL. Saya yakin dengan bekal pendidikan dan pengalaman dalam berbagai penugasan, Saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan Lanal Maumere dengan baik.” kata Danlantamal VII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H.

Turut hadir dalam upacara Sertijab Danlanal Maumere, yaitu para Asisten Danlantamal VII, Dansatroltas Lantamal VII, dan Pmal Lantamal VII, Danyonmarhanlan VII, para Kadis dan Kasatker, Danlanal Pulau Rote, Danlanal Mataram, dan Danlanudal Kupang.

Dispen Lantamal VII