TUNTUT BIAYA KULIAH GRATIS SELAMA PANDEMI, ALIANSI RAKYAT BERGERAK GELAR AKSI DI KANTOR LLDIKTI

Daerah

YOGYAKARTA –sorotNTT. Com-Mahasiswa Yogyakarta yang tergabung dari berbagai universitas di Yogyakarta menggelar aksi di depan kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah V, Jalan Tentara Pelajar, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (9/7/2020).

Para mahasiswa dibawah Aliansi Rakyat Bergerak (ARB) menyuarakan tuntutan kuliah gratis selama pandemi Covid-19 dan mengangkat isu Omnibus Law.

Humas ARB Raka mengatakan,aksi ini merupakan puncak dari rentetan aksi yang sudah dilakukan oleh ARB di beberapa kampus.

“aksi kami ini sebenarnya merupakan aksi puncak dari rentetan aksi yang kita lakukan dari beberapa minggu yang lalu di kampus-kampus, pertama kita buka di Sanata Dharma kemudian APMD, UAD, UII, UNY dan terakhir di UST kemarin.” Ujar raka saat ditemui SorotNTT, kamis.

“Tuntutan secara umum yang kita bawa dalam aksi ini adalah untuk menuntut kepada LL Dikti untuk mendesak Negara agar kemudian mewujudkan pendidikan gratis selama masa pandemi ini” sambung Raka.

Dalam orasinya, para mahasiswa menyuarakan keresahannya terhadap kampus mereka masing-masing, baik dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguaruan Tinggi Swasta.

Menurut mereka kampus menjadi lahan bisnis apalagi saat pandemi Covid-19, dengan tidak adanya keringan biaya kuliah yang berbanding dengan kondisi ekonomi masyarakat terdampak dan metode belajar yang diberikan selama pandemi.

“selama pandemi kita tahu krisis terjadi. Banyak orang tua mahasiswa yang berdampak, kehilangan pekerjaanya dan lain-lain, sehingga untuk membayar uang kuliah saja susah.

Pada akhirnya kawan-kawan itu ada beberapa yang terpaksa cuti atau terpaksa berhenti kuliah,” ujar Raka.

Masa yang tergabung dalam aksi sempat melakukan audiensi bersama kepala LL Dikti Wilayah V, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt, namun berujung perbedaan pendapat dari kedua belah pihak. Ia berjanji akan mengundang rektor dari seluruh kampus di Yogyakarta, namun karena tidak bisa dipenuhi saat itu, mahasiswa yang tergabung dalam aksi sepakat untuk menginap di kantor LL Dikti hingga mendapat kepastian.

Aksi ini dilakukan dengan berarak mulai dari tugu Pal Yogyakrta menuju ke kantor LL Dikti hingga bermalam di halaman kantor LL Dikti. Aksi yang berlangsung sejak kemarin hingga pagi tadi berlangsung aman dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Oleh: Emiliano Surendra Nagawatu