UPTD Puskesmas Lebi Gelar kegiatan Orientasi Motivator ASI Bagi Tenaga Kesehatan

Daerah

Borong, SorotNTT.Com-Unit Pelaksana Teknis Kegiatan Daerah(UPTD) Puskesmas Lebi, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Menggelar kegiatan orientasi motivator asi bagi tenaga kesehatan, Jumat(18/12/2020)

Kegiatan orientasi Motivator asi bagi tenaga kesehatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dr Surip Tintin.

Kepada peserta yang hadir dr Surup Tintin menjelaskan bahwa Air Susu Ibu(ASI) adalah mujizat; ASI juga merupakan satu jenis makanan yang mencakupi seluruh unsur kebutuhan bayi, baik Fisik, Psikologi Social maupun Spiritual.

Dalam ASI terdapt factor anti bakeri , Anti Virus, Anti Jamur, Untuk bayi yang berusia 0-6 bulan harus diberikan ASI exlusif .

“Pemberian ASI ekxlusif berarti memberikan hanya ASI saja”.

Beliau juga menambahkan ibu menyusui wajib bahagia supaya tidak menggangu proses produksi dan pengeluaran ASI.

ASI juga memiliki kelebihan dari susu Formula. ASI merupakan makanan terbaik dan bergizi sempurna bagi bayi.

ASI membuat bayi tumbuh sehat, kuat dan cerdas; ASI gratis tersedia setiap saat, ASI suhunya tepat bagi bayi, Asi aman dan bersih karena langsung dari payudara ibu; ASI menguatkan kasih sayang antara ibu dan bayi dan ASI juga sebagai alat kontrasepsi alamia.

Sementara itu kepala UPTD Puskesmas Lebi menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting agar semua tenaga kesehatan menjadi motivator atau menjadi guru bagi Ibu menyusuhi ataupun kader , bukan saja dengan kata-kata tetapi tindakan nyata agar mengetahui secara mendalam permasalahan bagi ibu menyusuhi sehingga kita dapat mencari solusi dari masalah yang ada .

Untuk diketahui saat ini cakupan ASI eksklusif masih rendah 32% dari target 70 % , dari total 34 sasaran bayi 0-6 bulan hanya 11 orang yang ASI Ekslusif, Sedangkan yang tidak ASI eksklusif sebanyak 23 Orang.

Semoga semua ibu menyusuhi di Puskesmas Lebi kedepannya lebi memahami maanfaat ASI , Sehingga bayinya diberikan ASI saja pada umur 0-6 bulan.