Usai Ziarah Di TMP Karot, Kodim 1612 Manggarai Anjangsana Ke SLBN Tenda

peringati-hut-tni-kodim1612-anjangsana-ke-slb-ruteng

Ruteng, SorotNTT.com – Dalam Rangka memperingati HUT Ke-74 TNI tahun 2019, Keluarga Besar Kodim 1612/Manggarai anjangsana di SLB Negeri Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos, dan Ketua Persit KCK Cab. XVII Dim 1612/Mgr beserta pengurus, Kasdim 1612/Manggarai beserta para perwira staf Kodim 1612/Manggarai.

Komandan Kodim 1612/Mgr besera rombongan disambut dengan atraksi tarian  adat ‘lomes’ oleh para siswa-siswi SLB Negeri Tenda. Dalam kesempatan itu Kepala Sekolah SLB Negeri Tenda, Elias Daging, M.Pd menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan, karena Dandim 1612/Manggarai beserta jajaran ditengah kesibukannya, rela meluangkan waktu untuk bersilaturahmi di SLB Negeri Tenda.

“Kami keluarga besar SLBN Tenda, menyampaikan puji syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada Bapak Dandim beserta jajaran, karena di tengah kesibukannya dalam tugas, rela meluangkan waktunya untuk bersilaturahmi dan melihat kami,” sambutnya.

BACA JUGA:  Bupati dan Wakil Bupati Matim Tinjau Pelaksanaan USBD

Elias menambahkan, bahwa sekolah  SLB ini dibangun pada tahun 1983 yang statusnya dari SDLB kemudian menjadi SLB Negeri Ruteng.

“Kehadiran Dandim hari ini, semoga bisa kita ambil pembelajaran terutama buat anak-nak didik kami yang memiliki kebutuhan khusus, agar termotivasi dan terinspirasi, tarian adat kami tadi, menandakan bahwa kami sangat bangga dengan TNI, khususnya TNI yang berada di wilayah Kabupaten Manggarai,” Ungkap Elias.

Komandan Kodim 1612/Manggarai mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT TNI ke-74. “Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-74 dan kegiatan silaturahmi dengan anak-anak kita ini sudah kami rencanakan sebelumya,” ucap Dandim.

Dandim juga mengaturkan apresiasi dan kebanggaannya, baik kepada guru maupun siswa-siswi yang telah menyambutnya meriah dengan tarian tradisional. Meskipun para siswa-siswi tersebut memiliki kebutuhan khusus, namun mereka mampu menunjukkannya dengan baik.

BACA JUGA:  Pemerintah Kabupaten Manggarai Telah Menyelesaikan Pengerjaan Paket Jalan Ruteng-Golo Cala 

“Saya bangga akan kepiawaian siswa-siswi SLB Negeri Tenda dalam berkreativitas dan mengasah bakat, meski ditengah keterbatasan yang mereka miliki. Ini suatu bukti bahwa meski berkebutuhan khusus, para siswa ini dapat mengembangkan kreativitas jika diasah dan diasuh dengan benar,”ucapnya.

Dalam kunjungan itu juga, Dandim memberikan bantuan sebagai wujud kepedulian sosial keluarga besar Kodim 1612/Manggarai. Dirinya berharap dari kunjungan ini para siswa berkebutuhan khusus tersebut termotivasi dan memahami bahwa mereka tidak sendiri dan banyak yang peduli terhadap mereka.

“Kami pada hari ini, ingin menyampaikan bahwa kita sebagai anak bangsa dan bahwa anak-anak kita ini tidak sendiri, untuk mendampingi dalam mendidik, mereka tidak sendiri, oleh karena itu kita harus berkontribusi dalam mendukung masa depan mereka, mudah-mudahan dengan keterbatasan anak-anak ini, namun mereka bisa mandiri dalam kehidupan mereka kedepannya,” ujar Dandim.

BACA JUGA:  Menkominfo Berkunjung ke Desa Baya, Pulau Adonara

“Walaupun mereka anak yang berkebutuhan khusus mereka adalah anak bangsa yang harus mendapatkan masa-masa yang baik, mereka bukan orang orang yang harus ‘ditinggal’ tetapi harus di ‘gendong’ untuk menjadi manusia-manusia mandiri nantinya, saya berharap anak-anak tetap semangat bergembira bersama teman-temannya,” tutup Dandim.

Laporan : Tim