Andreas Agas dan Lucius Modo Caci

Video Bupati dan Ketua DPRD Matim pada Pembukaan Acara Caci

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Video Bupati, Wakil dan Ketua DPRD pada pembukaan Acara Caci di halaman Kantor Bupati Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan Tarian Caci dilakukan untuk memeriahkan Pesta Rakyat sekaligus syukuran atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Matim yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Matim pada Selasa (27/2/2019).

Pasalnya, Tarian Caci mengandung makna simbolis melambangkan kejantanan, keramaian, kemegahan dan sportivitas. Tari Caci memiliki fungsi bagi kelangsungan hidup masyarakat Manggarai, sebagai ikon pariwisata. Kesenian ini merupakan suatu permainan uji ketangkasan dalam bela diri yang dipadukan dengan suatu gerak tari. Namanya adalah Tarian Caci.

Dalam video yang durasinya beberapa detik tersebut, nampak ketangkasan dan kejantanan Bupati Matim, Agas Andreas dan Ketua DPRD Manggarai Timur, Lucius Modo saat pembukaan pemukulan kepada peserta Caci dengan menggunakan alat peraga caci yang disebut larik (pecut).  (Larik yang bahan asalnya dari kulit kerbau).

Pemukulan dalam rangka pembukaan kegiatan ini dilakukan oleh Bupati dan Ketua DPRD Matim kepada peserta Caci ini disaksikan oleh seluruh masyarakat Manggarai Timur yang hadir.

Simak cuplikan videonya di bawah ini. Selamat menyaksikan.

Bupati Agas dalam pembukaan Caci di halaman Kantor Bupati Manggarai Timur.
Ketua DPRD Matim, Lucius Modo dalam pembukaan Caci di halaman Kantor Bupati Matim

Laporan: Ferdinandus Lalong