wabup matim pimpin kerja bakti di borong

Wabub Matim Pimpin Langsung Kerja Bakti di Borong

Daerah Flores

Borong, sorotNTT.com – Wakil Bupati Manggarai Timur, Drs. Jaghur Stefanus pimpin langsung kerja bakti di Kota Borong pada Jumat (15/3/2019).

Kegiatan kerja bakti yang dipimpin oleh Wakil Bupati itu dalam rangka Hari Kebersihan Nasional yang melibatkan seluruh OPD, TNI, Camat, Lurah dan tenaga kesehatan Puskesmas Borong untuk ikut membersihkan sampah yang ada di Pasar Borong dan sekitarnya.

Kepala Dinas BLHD Mangara Timur, Thomas Ngalong di sela-sela kegiatan berlangsung menjelaskan, tujuan dari kerja bakti ini adalah menata agar Kota Borong bebas dari sampah.

“Kami sangat merasa bangga dan senang lantaran Bapa Wakil Bupati sendiri turut ambil bagian dalam kerja bakti ini,” ujarnya.

Kadis BLHD menjelaskan, kerja bakti yang di Kota Borong khususnya area Pasar Borong dan sekitarnya cukup memuaskan.

“Wilayah pasar dan sekitarnya sudah bersih bahkan kotoran sampah yang ada sudah kami angkat menggunakan mobil pengangkut sampah. Dengan aksi seperti ini, masyarakat bisa sadar dan paham agar mereka tidak membuang sampah di sembarang tempat,” ungkapnya.

Thomas pun mengharapkan agar masyarakat memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan tanpa menunggu perintah dari pihak terkait agar kota Borong tetap bersih dari sampah.

“Dengan kita membersihkan sampah maka kita bisa hidup sehat dan sejahtera. Masyarakat bisa sadar dan peduli akan sampah, supaya Kota Borong ke depan tidak terkesan sebagai kota yang sangat kotor dan bau,” bebernya.

Hal senada disampaikan oleh Kasi Pengawasan dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai Timur, Irenius Wale Wasi.

Irenius Wale Wasi menjelaskan, kegiatan yang dilakukan ini adalah kegiatan Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) dalam rangka menjadikan Kota Borong bersih dari sampah. Baik sampah plastik, organik dan sampah-sampah sejenisnya,

“Dengan adanya kerja bakti yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Manggarai Timur hari ini Kota Borong tetap bersih dan bebas dari sampah,” pintanya.

“Sehingga spirit untuk menjadi kota beriman dapat terwujud dengan baik dan indah,” tambah Irenius.

Untuk diketahui, titik-titik kerja bakti yang dilakukan diantaranya, pertigaan menuju pasar Borong, perempatan lampu merah, perempatan jalan menuju Hotel Karisma Borong sampai dengan Hotel Sama Jaya Borong dan jalan menuju pasar ikan kering (Kampung Nggeok), kompleks ruko Pasar Borong, kompleks Pasar Rana Loba Borong, kompleks Terminal Borong, dan Kantor Camat Borong sampai dengan Kantor BPJS Borong.

Kegiatan kerja bakti itu dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Manggarai Timur Drs. Jaghur Stefanus, Asisten III Fansi Jahang, Kepala Dinas Kesbangpol Yohanes Subur, Kepala Dinas Pangan Don Datur, Kepala Dinas Perhubungan Isidorus Asar, dan Kepala Dinas BKD Yustina Ngidu.

Hadir pula, Kepala Dinas BLHD Thomas Ngalong, Staf Ahli Bupati Hendrik Ganggur, Kabag Kesra Niko Tatu, Kadis Kominfo Bonefasius Sai, dan Kadis Capilduk Manggarai Timur Robertus Bone Fantura.

Laporan: Lalong Ferdinandus