Sidak Wabup Lembata di Dinas PKO Lembata

Wabup Lembata Temukan 20 Staf Dinas PKO Membolos

Daerah Lembata

LEMBATA, SorotNTT.com – Cuti panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi yang hampir 11 hari untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata sudah selesai. Hari ini, Senin (10/6/2019) mereka harus melakukan aktivitas seperti biasa.

Di hari pertama kerja setelah cuti panjang tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Lembata, Dr. Thomas Ola Langoday melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ASN di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata.

Dalam sidak diketahui sebanyak dua puluh pegawai di kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Lembata absen saat hari pertama kerja setelah liburan Lebaran.

Absennya kedua puluh staf ini diketahui saat Wabup Lembata, Thomas Ola Langoday melakukan sidak di Kantor Dinas PKO Kabupaten Lembata, Senin (10/6/2019).

Ironisnya, di saat banyaknya pegawai yang absen, beberapa guru dan kepala sekolah dari pelosok sudah menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Kondisi ini lantas membuat orang nomor dua di Kabupaten Lembata ini tampak geram.

“Dua puluh orang ini banyak sekali ini! Ya bayangkan pengawas, guru-guru, dan kepala sekolah sudah jauh-jauh dari kampung-kampung saja datang ini. Terus kalian yang ada di sini?” hardik Wabup Langoday.

Wabup Lembata langsung menginstruksikan Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PKO Kabupaten Lembata, Michael Bala untuk mencatat nama-nama pegawai yang absen dan memberikan sanksi. “Sebentar siang absensi yang tidak hadir itu segera di Kemenpan, terus tanggal 10 Juli sanksi sudah diberikan ke mereka yang tidak hadir tanpa berita!” tegasnya.

Wabup Lembata sidak di Dinas Pariwisata
Wakil Bupati Lembata, Dr. Thomas Ola Langoday melakukan sidak di kantor Dinas Pariwisata Kab. Lembata, Senin (10/06). (Foto: Doc. EB/SorotNTT)

Tidak hanya di Kantor Dinas PKO, Wabup Langoday juga melakukan sidak di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Lembata. Di sini Wabup Langoday mendapat laporan bahwa satu pegawai tidak hadir atau absen.

Wabup Langoday menegaskan, pegawai di kantor pemerintah merupakan motor utama penggerak roda pemerintahan dan public service (pelayanan masyarakat).

Oleh karena itu, lanjut Wabup Langoday, kehadiran saat hari kerja merupakan satu di antara sekian banyak indikator yang menentukan kinerja pegawai yang bersangkutan dan kualitas public service di lingkup Pemkab Lembata. (Emanuel Bataona)