Wagub NTT Dukung Pendirian Pos Jaga Angkatan Udara di Bandara

Wakil Gubernur NTT,Josef A. Nae Soi menerima audiensi Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) El Tari Kupang (Foto:Ist)

Kupang,Sorotntt.com – Wakil Gubernur NTT,Josef A. Nae Soi menerima audiensi Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) El Tari Kupang bersama rombongan, Jumat (8/4) di ruang kerja Wakil Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanud El Tari menyampaikan rencana pendirian Pos Angkatan Udara di seluruh bandara yang ada di  Provinsi NTT.

Menanggapi hal tersebut, Wagub Nae Soi memberikan dukungan.”Kebetulan saya dulu saat jadi anggota DPR RI, jadi pimpinan Pansus (Panitia Khusus,red) dalam penyusunan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Dalam Undang-undang itu dijelaskan Pos Angkatan Udara harus ada dan itu wajib hukumnnya,” jelas Wagub Nae Soi.

Menurut Wagub Nae Soi, kehadiran TNI Angkatan Udara di berbagai bandara juga memperkuat representasi negara. Ada kawasan keamanan dan kawasan lainnya.

BACA JUGA:  Kwarda NTT Gandeng Dinas Kesehatan  Sosialisasikan DBD

“Jadi kalau bandara itu, terminalnya boleh dikelola oleh swasta tapi runway itu negara. Dan negara itu manifestasinya adalah Angkatan Udara. Itu juga ada dalam konvensi internasional. Saya juga akan membantu mengkomunikasikan hal ini dengan Direktur Jenderal Perhuhungan Udara Kementerian Perhubungan tentang hal ini,” pungkas Wagub Nae Soi.

Wakil Gubernur NTT,Josef A. Nae Soi foto bersama usai audiensi dengan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) El Tari Kupang bersama rombongan (Foto:Ist)

Sementara itu, Danlanud El Tari, Kol (Pnb) Aldrin Petrus Mongan menjelaskan, sudah ada tiga (3) pos Angkatan Udara di wilayah Lanud El Tari yakni di Maumere, Labuan Bajo dan Tambolaka.

BACA JUGA:  Terkait Polemik TKD, Ketua PKN Mabar Tantang Debat Terbuka Dengan Pemda

“Akan menyusul lagi di Alor, Atambua, Rote dan Ruteng. Kami sudah sosialisasikan tenang hal ini ke Kabupaten-kabupaten di NTT yang punya bandara. Dan respon para pemimpinnnya sangat bagus,”jelas Aldrin yang baru bertugas sejak 10 Februari 2022.

Lebih lanjut, Aldrin menjelaskan ada fungsi-fungsi khusus yang diemban oleh Angkatan Udara di wilayah bandara.

“Kehadiran Apron (lapangan parkir,red) Militer yang terpisah dari penerbangan sipil, sangat penting untuk misi-misi negara. Ada pesawat negara khusus, pesawat  VIP, pesawat militer, pesawat untuk tangani bencana, bisa memanfaatkan Apron militer. Khusus untuk Bandara  Komodo Labuan Bajo, kita minta tambahan lahan lagi untuk Apron Militer ini dan sudah dibicarakan dengan pimpinan daerah di sana,”ungkap Aldrin.

BACA JUGA:  Pisah Sambut Komandan Lanud El Tari Kupang
Danlanud menyerahkan cinderamata kepada Wagub NTT (Foto:Ist)

Dalam kesempatan tersebut Danlanud El Tari juga melaporkan berbagai kegiatan sosial yang telah dilaksanakan menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76  TNI Angkatan Udara pada Sabtu (9/4). Danlanud juga mengundang Wagub Nae Soi untuk menghadiri Upacara memperingati HUT TNI tersebut.

Di akhir acara, Danlanud menyerahkan cinderamata kepada Wagub NTT. Tampak hadir pada kesempatan tersebut para petinggi Lanud El Tari Kupang.