Wagub NTT, Gerakan Pramuka wujudkan Generasi Unggul dan Berkarakter

Kupang, SorotNTT.Com-Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS), saat menerima audiens Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka NTT, Ka Sinun Petrus Manuk bersama Jajaran Pengurus Kwarda NTT, masing-masing : Wakil Ketua Kwarda NTT : Ka Maria Patrisia Sumarni dan Ka Siprianus Tua Beketekeneng, Kepala Sekretariat Kwarda NTT : Jono Sakka dan Hendro Teme selaku Anggota Bidang Humas Kwarda NTT, Selasa (04/01).

“Berbagai kegiatan kreatif yang dikembangkan di dalam organisasi Pramuka sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan meningkatkan mental spiritual dan moral anak-anak kita, sehingga kelak mereka dapat menjadi pemimpin yang tangguh dalam menjunjung tinggi Pancasila dan sanggup mempertahankan jati diri sebagai Praja Muda Kirana Indonesia, yang mencintai NKRI dan selalu memiliki semangat rela berkorban, solider dan gotong royong”, ungkap Wagub JNS.

Lebih lanjut Wagub NTT menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi NTT senantiasa mendukung berbagai program pembinaan generasi muda, salah satunya melalui wadah Pramuka, karena Hal tersebut menjadi salah satu modal utama dalam pembentukan karakter bangsa.

BACA JUGA:  Gubernur dan Wakil Gubernur Tinjau Budidaya Lobster di Mulut Seribu

“Jangan lelah untuk mengabdi dengan tetap memiliki komitmen moral tinggi, dalam melakukan aktifitas kepramukaan, karena itu merupakan panggilan dan tugas mulia dalam mewujudkan generasi Indonesia dan generasi NTT yang berkarakter. Kalian merupakan orang-orang pilihan yang mampu menyiapkan dan mencerdaskan generasi muda yang siap mengabdi untuk membangun bangsa dan daerah ini. Bekerjalah dengan penuh dedikasi dan loyal terhadap panggilan ini. Sebagai pembina Pramuka bekerjalah pantang menyerah”, tegas Wagub Josef.

Wagub Nae Soi juga mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi NTT sangat mendukung suksesnya kegiatan Jambore Daerah NTT, di Labuan Bajo dan Jambore Nasional 2022 di Cibubur.

“Saya berharap Jajaran Kwarda dan Kwarcab di seluruh Kabupaten/Kota NTT serius untuk mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan tersebut, karena sangat penting untuk mendorong peningkatan mental spiritual anak-anak, bahkan bagaimana bisa berprestasi dengan saling menghargai satu dengan yang lain. Mereka harus memegang teguh dan melaksanakan Satya Dharma Pramuka, agar dapat menjadi generasi unggul dan berkarakter dalam menggapai cita-citanya,” jelas Wagub

BACA JUGA:  Sekda Sumba Tengah Buka kegiatan Penguatan Aksi Konvergensi Stunting

“Saya juga mengingatkan, dalam pelaksanaannya,perhatikan kondisi Pandemi Covid-19, apalagi dengan masuknya varian baru Omicron di Indonesia, tolonglah ini juga bisa dipertimbangkan dengan baik, termasuk juga dalam mempersiapkan anggaran dengan proporsional, karena bagiamanapun sebuah kegiatan dapat sukses, karena adanya dukungan anggaran yang memadai. Kita juga harus mampu berpikir reealistis dan fleksibel dengan keadaan menghadapi pandemi saat ini,”, tegas Wagub JNS

Dalam kesempatan tersebut Ketua Kwarda NTT, Sinun Petrus Manuk, yang biasa disapa Ka Piet mengatakan bahwa salah satu agenda penting dalam rangka pembinaan karakter dan peningkatan keterampilan anggota Pramuka Penggalang adalah Kegiatan Jambore Daerah dan Jambore Nasional di tahun 2022 ini.

“Di bulan Juni 2022 nanti akan dilaksanakan kegiatan Jambore Daerah (Jamda) NTT, di Labuan Bajo, dan Jambore Nasional (Jamnas) 2022 di Cibubur pada bulan Juli atau Agustus 2022 mendatang. Kami tengah mempersiapkan anak-anak Pramuka Penggalang dari setiap Kwarcab di seluruh NTT, guna bisa berpartisipasi dalam kegiatan akbar pengembangan ketrampilan dan pembentukan karakter anak-anak kita. Berbagai persiapan telah dan tengah dilakukan sejak tahu kemarin untuk menyukseskan dua event tersebut”, ungkap Piet Manuk.

BACA JUGA:  30 Tahun Kerja Tanpa Pesangon, Guru Pensiun Gugat Yayasan Karya Manggarai

Turut hadir pada audiens tersebut Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi NTT, Hilda Bria Seran.