Wakil Bupati Manggarai Timur Pantau Kebakaran Hutan Poco Ndeki

Daerah

Borong, SorotNTT.Com-Wakil Bupati Manggarai Timur Drs. Jaghur Stefanus didampingi Kapolres Matim AKBP Nugroho Adie Siswanto;Asisten Admin. Perekonomian dan Pembangunan Mikael Jaur; dan Kabid Kedaulatan Logistik BNPB Kabupaten Manggarai Barat Paul Kasito; melakukan pantauan udara secara langsung kebakaran hutan yang terjadi di gunung Poco Ndeki, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Manggarai Timur.

Pantauan udara dilakukan dengan menggunakan helikopter milik BNPB Kabupaten Manggarai Barat pada Selasa (8/09/2020). Usai pemantauan Wabub Matim Drs. Jaghur Stefanus menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pantauan udara masih terlihat asap yang mengepulyang diperkirakan berasal dari pohon-pohon yang lapuk. Secara umun titik api di lokasi kebakaran sudah dipadamkan. Disampaikan juga bahwa, kemarin dan Senin malam titik api di lokasi kebakaran terlihatcukup banyak namun warga masyarakat di sekitar gunung Poco Ndeki langsung bergerak menuju lokasi dan melakukan pemadaman.

Kapolres Matim, AKBP Nugroho Arie Siswanto mengatakan, Polres Matim menghimbau warga masyarakat yang berada sekitar Poco Ndeki dan masyarakat Manggarai Timur seluruhnya untuk bersama memadamkan api dan mencegah meluasnya titik api. Selain itu juga disampaikan kepada seluruh masyarakat agar saat membuka lahan tidak melakukan pembakaran lahan karena efeknya akan merugikan banyak orang. “Membakar hutan memang akan menghasilkan tanah yang subur namun hanya sesaat saja, untuk selanjutnya unsur-unsur hara yang ada di bawah tanah akan hilang dan potensi kebakaran yang lebih luas akan merugikan banyak orang.”

Sampai siaran pers ini dibuat, masyarakat sekitar bersama tim dari Polisi Pamong Praja, BPBD Manggarai Timur, Tagana dan TNI Polri masih berada di lokasi kebakaran sebagai bagian dai upaya pemadam titik api dan mencegah titik api bertambah dan/atau meluas.